Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Uju, saat menghadiri sosialisasi program ‘Pabrik Kampung’, Kamis (12/03) kemarin.
Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Uju, saat menghadiri sosialisasi program ‘Pabrik Kampung’, Kamis (12/03) kemarin.

Kembangkan Ekonomi Masyarakat Desa, Pemkab Bekasi Galakan Program ‘Pabrik Kampoeng’

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) mulai memperkenalkan model konsep inovasi daerah berbasis penguatan potensi produk unggulan yang dihasilkan tiap-tiap desa. Program ini diberi nama ‘Pabrik Kampoeng’.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Uju menjelaskan program ‘Pabrik Kampoeng’ bertujuan untuk menciptakan sinergi antar wilayah dan potensi sumber daya ekonomi yang ada di desa untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat desa di wilayahnya masing-masing.

“Di dalam Pabrik Kampoeng ini, konsep one village one product menjadi dasar pemikiran awal yang dikembangkan. Pertama, masing-masing desa di bina untuk memaksimalkan potensi perekonomian yang ada di daerahnya,” ucapnya saat menghadiri sosialisasi program ‘Pabrik Kampung’,  Kamis (12/03) kemarin.

Untuk dapat menciptakan produk khas desa tersebut dengan rancangan rasa, kemasan dan promosi yang inovatif dan berbeda dengan produk awal, Balitbangda Kabupaten Bekasi akan membantu mencari model terbaik untuk pemasaran dari produk unggulan tersebut.

“Dengan adanya pabrik kampoeng saya harap seluruh perangkat daerah serta pihak-pihak eksternal yang terlibat senantiasa berkoordinasi dengan Balitbangda Kabupaten Bekasi untuk mendukung program ini agar berjalan sesuai tujuan, yaitu mensejahterakan seluruh masyarakat Kabupaten Bekasi,” harap Uju.