Kejaksaan Expo Bakal Digelar di Kabupaten Bekasi

Ilustrasi | sourche: google
Ilustrasi | sourche: google

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pameran barang-barang sitaan negara bertajuk Kejaksaan Expo bakal digelar di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Pameran ini rencananya akan menawarkan sejumlah benda rampasan negara yang akan dilelang.

“Sedang kami usulkan ke pimpinan sembari menyiapkan kebutuhan yang diperlukan termasuk komunikasi ke pihak terkait,” kata Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti pada Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi, Firdaus, Jum’at (23/11).

Dia menjelaskan Kejaksaan Expo merupakan ajang pameran bagi masyarakat luas agar mereka mengetahui kalau ada jenis barang bukti atau barang sitaan tertentu yang bisa dimiliki masyarakat.

“Kan ada open bidding, close bidding, nah kalau untuk yang dipajang pada pameran nanti adalah benda sitaan yang nilai kualifikasinya di bawah Rp30 juta melalui penunjukan langsung dimana kejaksaan memiliki kewenangan penuh atas benda tersebut,” ungkapnya.

Firdaus mengaku tengah melakukan komunikasi intens dengan sejumlah pihak untuk mewujudkan rencana event Kejaksaan Expo ini salah satunya dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

“Kita juga akan bekerjasama dengan institusi lain untuk menaksir kualitas fisik pada barang sitaan negara yang berbentuk kendaraan, termasuk kepolisian untuk acuan balik nama kendaraan,” kata Firdaus.

Dia mengaku benda sitaan berjenis kendaraan bermotor yang ada di bawah penguasaan kejaksaan nantinya  akan dijaga dengan baik kondisinya melalui fasilitas swalayan (self repair) agar nilainya tidak turun.

“Hal ini dilakukan untuk optimalisasi pendapatan negara dari barang sitaan yang akan dilelang nanti,” kata dia. (BC)

Pos terkait