Kabupaten Bekasi Terpilih Jadi Pilot Project Anjungan SIAPKerja

Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ida Fauziyah saat meninjau penerapan Anjungan Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan (SIAPkerja) di Kawasan MM2100, Rabu (12/01).
Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ida Fauziyah saat meninjau penerapan Anjungan Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan (SIAPkerja) di Kawasan MM2100, Rabu (12/01).

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Kabupaten Bekasi menjadi pilot project Anjungan Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan (SIAPkerja). Anjungan SIAPKerja adalah sebuah layanan berupa one stop services berupa pelayanan terintegrasi bidang ketenagakerjaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Suhup mengapresiasi pemerintah pusat dan Himpunan Kawasan Industri Indonesia maupun pihak lainnya, yang telah meresmikan untuk pertama kalinya layanan aplikasi ketenagakerjaan berbasis digital di Kabupaten Bekasi.

“Kami sangat mengapresiasi bahwa ini merupakan yang pertama kali di Indonesia yang diresmikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan, yang nantinya akan menyusul di 9 kabupaten/kota lainnya,” ujarnya.

Dengan adanya pusat pelayanan anjungan SIAPkerja ini diharapkan agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat Kabupaten Bekasi, dan bisa memberi kemudahan terhadap pengusaha maupun para pencari kerja.

“Anjungan SIAPkerja yang ada di Kawasan Industri MM2100 ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Bekasi, yang di dalamnya memuat tentang permasalahan dan peluang yang berkaitan dengan ketenagakerjaan,” ujarnya.

Diketahui, layanan anjungan SIAPKerja atau Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan adalah branding baru dari Kementerian Ketenagakerjaan dengan melakukan penyempurnaan di berbagai segi dari Sisnaker, sistem informasi ketenagakerjaan yang terdahulu. Layanan ini terintegrasi pada empat pelayanan ketenagakerjaan secara digital.

Pertama adalah Skillhub, yakni sebuah pelayanan yang mengkhususkan pada peningkatan kompetensi angkatan kerja Indonesia agar makin tinggi dan memenuhi kriteria kebutuhan tenaga kerja baik dari sektor industri maupun sektor lainnya. Skillhub meliputi skilling, reskilling, dan upskilling.

Kedua Sertihub, yaitu pelayanan sertifikasi ketenagakerjaan untuk standar kompetensi dengan kualitas yang terjamin untuk setiap pelatihan. Sertifikasi ini juga menjadi acuan baik untuk para pencari kerja dan pemberi kerja dalam mengikuti pelatihan dalam rangka reskilling dan upskilling.

Ketiga Karirhub, yaitu menghubungkan para pencari kerja dengan pemberi kerja. Portal ini diharapkan menjadi jembatan yang efektif dalam rangka link and match ketenagakerjaan dimana tenaga kerja yang kompeten, mempunyai skill serta bersertifikat dapat bertemu dengan mudah dengan perusahaan yang membutuhkan calon pegawai yang kompeten.

Keempat Bizhub, dimana portal ini adalah memberikan pelayanan kepada angkatan kerja yang mempunyai minat sebagai Tenaga Kerja Mandiri (TKM) yang terhubung dengan pelatihan bisnis, mentoring, jaringan usaha, hingga pembiayaan modal usaha. (ist)

Pos terkait