Kabupaten Bekasi Targetkan Nol Persen Kemiskinan Ekstrem di 2024

Ilustrasi kemiskinan ekstrem
Ilustrasi kemiskinan ekstrem

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menargetkan angka kemiskinan ekstrem (extreme poverty) pada tahun 2024 dapat mencapai nol persen.

“Kita menindaklanjuti arahan Presiden dengan target capaian kemiskinan ekstrem hingga nol persen pada tahun 2024 mendatang,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, Hasan Basri.

Bacaan Lainnya

BACA: Tekan Kemiskinan Ekstrem, Pemkab Bekasi Salurkan Bansos untuk 1.160 KPM

Selain bantuan sosial (bansos) tunai, berbagai upaya lainnya juga perlu dilakukan dalam rangka meningkatkan kesejateraan dan taraf hidup masyarakat yang masuk dalam ketegori miskin esktrem ini. Salah satunya peningkatan keterampilan hingga bantuan permodalan usaha dengan dukungan semua stakeholder.

“Agar miskin ekstrem ini berkurang, harus ada keinginan bagi warga yang terdata untuk bangkit dalam rangka peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup.  Ini harus kita dorong melalui program pelatihan maupun bantuan permodalan sehingga diperlukan dukungan dari semua pihak,” ujarnya.

Dirinya optimistis, bila kerjasama terbangun dan upaya ini dilakukan secara serius oleh semua stakeholder, maka  persoalan kmiskinan ekstrem bisa teratasi dan data warga miskin tidak muncul pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Kalau bisa dibantu dengan program pelatihan keterampilan dan permodalan, kami yakin penanganan miskin ekstrem ini akan optimal. Dengan begitu, data kemiskinan di Kabupaten Bekasi juga insyaallah akan berkurang dan target nol persen miskin ektsrem di 2024 bisa tercapai” tandasnya. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait