Kabupaten Bekasi Mendadak Diguyur Hujan, Efek Teknologi Modifikasi Cuaca?

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  –  Hujan turun di sebagian wilayah Kabupaten Bekasi, Kamis (21/09) malam. Turunnya hujan ini terjadi di tengah fenomena El Nino. Hujan menjadi peredam teriknya cuaca di Kabupaten Bekasi sejak siang tadi.

Endam (39) warga Desa Ridogalih, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi mengatakan hujan deras tiba-tiba mulai turun sekitar pukul 19.24 WIB.

Bacaan Lainnya

“Tadi siang panas banget. Sekarang Alhamdulillah hujan deras Kang,” kata dia.

BACA: Keroyokan Atasi Kekeringan di Kabupaten Bekasi

Menurut dia, hujan bukan hari ini mengguyur wilayahnya. Beberapa hari kemarin hujan sempat turun, namun dengan instensitas ringan dan singkat.

“Kemarin-kemarin sih memang sempet hujan juga. Tapi cuma gerimis gerimis kecil, nggak lama. Sekarang agak lamaan, sampe mati lampu Kang,” kata dia.

Datangnya hujan tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengatasi kekeringan di tengah musim kemarau.

“Semoga sumur warga bisa bertambah debit airnya, dan sawah-sawah warga yang ditanami bisa terbantu dengan hujan malam ini,” imbuhnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperoyeksikan wilayah Jabodetabek akan diguyur hujan. Hujan tersebut merupakan hasil operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Operasi TMC telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu hingga 20 September 2023 dilakukan dengan kerja sama berbagai pihak. Mulai dari BMKG, BRIN, BNPB, dan TNI AU. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait