Kabupaten Bekasi Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 79 Meter

Bendera merah putih sepanjang 79 meter dibentangkan ratusan peserta dalam acara Kirab Kebangsaan dan Pawai Budaya di Kabupaten Bekasi, Jum'at (09/08) pagi.
Bendera merah putih sepanjang 79 meter dibentangkan ratusan peserta dalam acara Kirab Kebangsaan dan Pawai Budaya di Kabupaten Bekasi, Jum'at (09/08) pagi.

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN SELATAN – Menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke 74 dan HUT ke-79 Republik Indonesia, bendera merah putih raksasa terbentang di Kabupaten Bekasi, Jum’at (09/08).

Bendera sepanjang 79 meter itu dibentangkan ratusan peserta yang terdiri dari unsur perangkat daerah, siswa sekolah, perwakilan komunitas budaya hingga penggiat olahraga dalam acara Kirab Kebangsaan dan Pawai Budaya.

Bacaan Lainnya

Pj. Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, dimulainya acara Kirab Kebangsaan dan Pawai Budaya ini sebagai bentuk syukuran atas kemerdekaan yang diperjuangkan oleh para pendahulu, serta bentuk pemberitahuan kepada masyarakat bahwa rangkaian acara Hari Jadi Kabupaten Bekasi telah dimulai.

BACA: Ribuan Bendera Merah Putih Dibagikan ke Masyarakat

“Dimulainya acara ini juga sebagai bentuk pemberitahuan kepada masyarakat bahwa rangkaian acara Hari Jadi Kabupaten Bekasi dan HUT RI telah dimulai,” ucapnya.

Kegiatan Kirab Kebangsaan dan Pawai Budaya ini dimulai dari Halaman Gedung Juang 45 Tambun Selatan, menuju Dinas Pemadam Kebakaran di Kecamatan Cikarang Barat dan berakhir di wilayah Kecamatan Cikarang Selatan.

“Dipilihnya lokasi Gedung Juang sebagai titik start ini karena lokasi ini adalah salah satu tonggak sejarah bagi Bekasi,” kata dia.

Dirinya juga menekankan bahwa pawai budaya yang menjadi bagian dari acara ini, merupakan manifestasi dari jati diri bangsa yang diwujudkan melalui berbagai kesenian daerah.

“Kebudayaan yang berkembang di Indonesia, termasuk di Kabupaten Bekasi sendiri, sudah terkristalisasi dalam Pancasila. Ketika kita menjalankan Pancasila, kita sedang melestarikan dan mewariskan budaya kita kepada generasi berikutnya,” tambahnya.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan agar seluruh masyarajat bisa terus mengingat perjuangan para tokoh proklamator dan pahlawan daerah yang turut memperjuangkan kemerdekaan.

“Tujuannya adalah agar selalu mengingat perjuangan para tokoh proklamator yang memperjuangkan kemerdekaan serta menyemarakkan tema hari jadi yakni makin berani maju dan berprestasi,” terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Forkopimda, Asisten Daerah, Kepala Perangkat Daerah, jajaran pengurus KONI dan KORMI, tokoh masyarakat serta tokoh agama setempat. (RIZ)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait