Ilustrasi
Ilustrasi

Industri dan Perumahan Gerus Lahan Pertanian di Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIBARUSAH –  Lahan pertanian di Kabupaten Bekasi mulai tergerus oleh industri dan perumahan. Daerah yang sedianya ditetapkan sebagai jalur hijau, sedikit demi sedikit mulai diborong para pengembang.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bekasi Abdullah Karim mengatakan, pengurangan jumlah lahan pertanian di Kabupaten Bekasi terbilang cepat. Jika sebelumnya lahan pertanian yang terdata seluas 52.000 hektar kini hanya mencapai 51.000 hektar.

“Setahun itu seratus hektar lebih (lahan pertanian berkurang), dari 52.000 hektar, di tahun ini sudah 51.000 hektar. Turunnya cepat sekali karena semua lahan pertanian sudah menjadi pemilik pengembang,” kata dia saat ditemui di acara peringatan Hari Krida Pertanian di lapangan Perumahan Villa Mutiara Jaya Kecamatan Cibarusah, Rabu (14/09).

Dijelaskan olehnya, penetapan daerah jalur hijau yang diperuntukkan bagi persawahan maupun jalur kuning bagi pemukiman, sebenarnya sudah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah. Namun, meski telah ditetapkan, banyak pengembang nekat membeli tanah di jalur hijau.

Adapun beberapa wilayah yang termasuk jalur hijau diantaranya adalah Pebayuran, Cibarusah dan Sukatani. Sedangkan wilayah jalur kuning di antaranya Kecamatan Tambun Selatan, Cikarang Timur, Cibitung dan Cikarang Barat. “(Sekarang) pengembang sudah menjelajah ke sejumlah kecamatan untuk dijadikan industri dan pemukiman,” kata dia.

Baca Juga

Ilustrasi

Raperda Lahan Abadi Dikembalikan, Dinas Pertanian: Revisi Diajukan Setelah Perpres Terbit

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Kaitan dengan dipulangkannya Rancangan Perda Perlindungan Lahan Pertanian dan Pangan Berkelanjutan …

SAWAH DIPATOK : Petani di Cikarang Timur bakal kehilangan pekerjaan karena lahan yang digarapnya terancam beralihfungsi karena telah dikuasai oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang property (real estate).

DPRD Kabupaten Bekasi ‘Pulangkan’ Rancangan Perda Lahan Abadi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Rencana Pemerintah Kabupaten Bekasi memiliki Peraturan Daerah (Perda) Perlindungan Lahan Pertanian …