Gara-gara Program Ini, Kabupaten Bekasi Diganjar Dua Penghargaan oleh Jawa Barat

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja menerima secara langsung penghargaan yang diberikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Uu Ruzhanul Ulum peringatan Hari Ibu 2020 di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (22/12).
Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja menerima secara langsung penghargaan yang diberikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Uu Ruzhanul Ulum peringatan Hari Ibu 2020 di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (22/12).

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi ‘menyabet’ dua penghargaan dari Gubernur Jawa Barat (Jabar) dalam Peringatan Hari Ibu ke-92 Tahun 2020. Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja menerima secara langsung penghargaan yang bertempat di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (22/12).

Dua penghargaan yang diterima Pemkab Bekasi yakni, Juara 1 Pelaksana Terbaik Program Terpadu Peningkatan Perempuan Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) Kategori Kabupaten Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2020 serta Juara 1 Kabupaten/Kota yang Responsif Terhadap Perlindungan Anak Melalui Program Unggulan Ngabring Ka Sakola (Ngabaso) tahun 2020.

“Alhamdulillah, syukur tak terhingga, dalam momen peringatan Hari Ibu tahun ini, Kabupaten Bekasi telah berhasil meraih 2 penghargaan Tingkat Provinsi sekaligus. Yaitu Juara 1 Pelaksana Terbaik Program Terpadu P2WKSS (Peningkatan Perempuan Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera) dan Peringkat 1 Kabupaten yang responsif terhadap perlindungan anak melalui program Ngabaso yang digagas Pemprov Jabar,” ungkap Bang Eka, begitu ia biasa disapa.

Bang Eka berharap, semoga atas torehan yang telah diperoleh dapat memotivasi seluruh jajarannya untuk meningkatkan kualitas pemberdayaan dan perlindungan perempuan maupun anak di Kabupaten Bekasi.

“Semoga menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus meningkatkan kualitas pemberdayaan dan perlindungan perempuan maupun anak di Kabupaten Bekasi,” kata dia.

Sementara itu, menurut Wakil Gubernur (Wagub) Jabar, Uu Ruzhanul Ulum peringatan Hari Ibu tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dikarenakan masih dalam situasi pandemi COVID-19. Meski begitu, Hari Ibu harus dimaknai secara mendalam. Apalagi, dalam situasi pandemi, ibu memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan keluarga.

“Hakikat Hari Ibu setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda tentang arti penggalangan rasa persatuan dan kesatuan, serta gerak perjuangan perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah bangsa Indonesia,” ujar Wagub Jabar dalam sambutannya.

Dirinya juga mendorong perempuan, khususnya ibu, untuk turut membangun bangsa. Perempuan saat ini, kata ia, sudah punya porsi atau kesempatan yang sama dengan lelaki. Perempuan bisa masuk dunia politik, pendidikan, dan sektor lain.

“Perempuan Indonesia masa kini dituntut untuk sadar dan aktif meraih bebagai bidang perempuan,” katanya.

Dalam Kategori Pelaksana Terbaik Program Terpadu Peningkatan Perempuan Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) Kategori Kabupaten Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2020, Pemkab Bekasi berhasil menyisihkan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sumedang.

Sementara untuk kategori Kabupaten/Kota yang Responsif Terhadap Perlindungan Anak Melalui Program Unggulan Ngabring Ka Sakola (Ngabaso) tahun 2020, Pemkab Bekasi berhasil mengungguli Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Indramayu. (***)

Pos terkait