DPRD Minta Semua Puskesmas di Kabupaten Bekasi Punya Rawat Inap

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Anden.
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Anden.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi melakukan kunjungan kerja ke Puskesmas di Kecamatan Karang Bahagia beberapa waktu lalu.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Anden menjelaskan bahwa kunjungannya adalah untuk memastikan bahwa Puskesmas-Puskesmas yang ada di Kabupaten Bekasi, khususnya di Kecamatan Karang Bahagia mampu memeberikan pelayanan tingkat pertama dengan baik kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Dari hasil kunjungan, kendala yang sering terjadi adalah karena tidak adanya ruangan bagi pasien rawat inap,” kata Anden.

Untuk itu, sambungnya, Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi akan mendorong agar seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Bekasi memiliki rawat inap.

“Sehingga nantinya tidak semua pasien harus dibawa ke rumah sakit dan akan berdampak terjadinya penumpukan di rumah sakit,” ucapnya.

Akibatnya banyaknya yang dirujuk ke rumah sakit, kata Anden, tidak sedikit pasien harus menunggu ruang rawat inap akibat keterbatasan tempat yang disediakan oleh pihak rumah sakit.

“Jadi salah satu untuk mencegah terjadinya hal-hal seperti itu maka Puskesmas- Puskesmas yang ada di Kabupaten Bekasi harus ada ruang rawat inapnya,” kata dia

Berdasarkan catatanya, saat dari total 44 Puskesmas yang ada di Kabupaten Bekasi, baru ada 10 Puskesmas yang memiliki ruang rawat inap. “Untuk itu kedepannya, kita Komisi IV DPRD mendorong agar sedikit demi sedikit jumlah puskesmas yang memiliki rawat inap ditambah jumlahnya,” tuturnya. (BC)

Pos terkait