Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi Dorong Desa Punya Obyek Wisata

Desain pembangunan Taman Pelangi di Kelurahan Kertasari Kecamatan Pebayuran
Desain pembangunan Taman Pelangi di Kelurahan Kertasari Kecamatan Pebayuran

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi melauli Dinas Pariwisata mendorong pemerintahan desa untuk berperan mengembangkan potensi-potensi obyek wisata di di wilayahnya masing-masing. Hal itu bertujuan bukan hanya untuk mendongkrak potensi-potensi wisatanya saja, namun juga meningkatkan roda perekonomian masyarakat sekitar dengan membuka peluang usaha atau lapangan pekerjaan baru karena adanya wisatawan yang datang.

“Kami mendorong setiap desa punya detinasi wisata dan kita akan bantu segala fasilitasnya jika memang tanah yang dipakai adalah aset Pemkab Bekasi,” kata Kepala Bidang Destinasi di Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Bramuntio, Senin (03/12).

Bacaan Lainnya

Ditambahkanya, jika para pemerintah desa dan masyarakatnya ingin mengembangkan obyek wisata diwilayahnya maka harus memunyai konsep desa yang memiliki nilai jual seperti kaya akan kerajinan tangan, aktivitas kesenian dan kebudayaan dan Desa Wisata itu harus memiliki berbagai kegiatan guna menarik pengunjung untuk datang.

“Kalau Tanah Kas Desa (TKD) yang dimanfaatkan untuk menjadi obyek wisata kami Dinas Pariwisata bisa memberikan bantuan,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, saat ini ada satu kelurahan yang sedang menyiapkan desa wisata yaitu Kelurahan Kertasari Kecamatan Pebayuran yang tenggah membuat Taman Pelangi yang angarannya bersumber dari Corporate Social Responsibility (CSR) salah satu perusahaan swasta di kabupaten Bekasi.

“Pokdarwis sudah ada di Pebayuran dan sudah ada taman yang saat ini lagi bangun dan dikelola,” imbuhnya.

Masih kata dia,pihaknya berharap adanya obyek wisata di Kelurahan Kertasari nantinya bisa menjadi penyemangat untuk desa lainnya untuk mengembangkan potensi-potensi obyek wisata wilayah masing-masing. Diharapkan, dengan banyaknya kelompok atau orang yang sadar akan wisata kedepan bisa menjadikan Kabupaten Bekasi menjadi kabupaten yang banyak mempunyai destinasi wisata.

“Mudah-mudahan ke depan Kabupaten bekasi punya banyak destinasi wisata dan menjadi tujuan wisatawan,” tutupnya. (BC/SAR)

Pos terkait