Deklarasi Pilkades 2021, Bupati Bekasi Minta Calon Kades Junjung Tinggi Aturan dan Jaga Kondusifitas

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD), menyelenggarakan Deklarasi Damai sebagai wujud komitmen bersama mensukseskan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak pada 4 April 2021.

Deklarasi dihadiri 33 calon kepala desa dari 9 desa yang berada di 7 kecamatan se-Kabupaten Bekasi, di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Komplek Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat, Kamis (25/03).

Pada deklarasi yang juga dihadiri Forkopimda tersebut, Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja berharap agar Pilkades Serentak tahun 2021 dapat berjalan tertib aman dan lancar.

“Saya sampaikan, bahwa demokrasi yang ada di desa sudah kita lakukan sejak lama. Namun, untuk saat ini Pilkades dilaksanakan di masa Pandemi-19,” ujarnya.

Meski begitu, Eka memastikan bahwa pemilihan kepala desa yang akan dilaksanakan bisa berjalan dengan baik.

Karena seperti diketahui, Pilkades Serentak di masa pandemi pernah dilaksanakan Kabupaten Bekasi pada akhir tahun 2020.

“Pilkades sebelumnya, dimasa pandemi Alhamdulillah bisa berjalan lancar dan aman. Apalagi untuk yang sembilan desa ini, harapannya bisa mengulangi kesuksesan melebihi kesuksesan pemilihan kepala desa sebelumnya,” ujarnya.

Bupati Eka juga berpesan kepada pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD), bahwa kesuksesan Pilkades sangat ditentukan oleh panitia pelaksana. Hal ini, kata dia, tentu saja berkaitan dengan panitia pilkades, Muspika, termasuk anggota BPD.

“Kepada para calon kepala desa agar bisa memaparkan apa saja yang menjadi visi dan misi untuk membangun desanya. Memberikan keyakinan kepada masyarakat desa bahwa bapa ibu bisa membawa desanya untuk lebih baik lagi ke depan,” bebernya.

Eka juga meminta para calon kepala desa agar bisa menjalin persatuan dan kesatuan. Karena tidak dipungkiri, bahwa dalam pemilihan kepala biasanya dibarengi dengan sentimen, dan itu sangat dekat.

“Jadi saya berharap para calon kepala desa bisa menciptakan suasana yang tenang dan lebih kondusif. Karena tujuan mencalonkan kepala desa agar ke depan desanya bisa lebih baik lagi,” ucapnya.

Bupati Bekasi menegaskan, agar para calon kepala desa bisa memberikan contoh dengan menunjukan sportivitas karena dalam Pilkades pasti ada menang dan kalah.

“Yang menang jangan merasa sombong, yang menang harus bisa merangkul yang belum mendapatkan kesempatan juga harus sama- sama yang nantinya warganya akan menjadi warga calon terpilih,” tandasnya. (***)