dedi mizwar eco green week jababeka
dedi mizwar eco green week jababeka

Dedi Mizwar : Penanaman Pohon Jangan Hanya Seremonial Belaka

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG TIMUR – Pihak swasta diminta turut berperan aktif dalam melestarikan lingkungan. Tidak hanya sebatas menunaikan kewajiban Corporate Social Responsibilty (CSR), perusahaan pun harus menyelesaikan pengelolaan pelestarian lingkungan.

Direktorat Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Hilman Nugraha mengatakan pihak swasta sudah sepatutnya melakukan hal itu karena turut memanfaatkan lingkungan.

“Apalagi, ada juga beberapa perusahan nakal yang ikut serta merugikan lingkungan demi keuntungan pribadi,” kata Hilman Nugraha saat menghadiri kegiatan Jababeka Eco Week  2017 di Senior Living D’Khayangan Kamis (27/04).

Untuk itu, Hilman menyatakan, para pengusaha harus turut serta membantu pemerintah demi keberlangsungan kehidupan. “Ini bukan beban (untuk perusahaan-red), tapi sukarela yang memaksa. Karena kan ini untuk semua. Ada pohon ada air, ada air ada kehidupan, ada kehidupan ada kesejahteraan,” ucapnya.

Hal senada diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar. Menurut dia, pelestarian lingkungan harus dilakukan secara bersama-sama. “Tidak bisa pemerintah sendiri, pengusaha sendiri, masyarakat sendiri atau akademisi sendiri, tetapi harus bersama-sama,” ungkapnya.

Dia juga mengingatkan agar kegiatan pelestarian lingkungan, baik itu penghijauan atau penanaman pohon tidak hanya sekedar seremonial belaka. Namun harus ditindaklanjuti, dipelihara sehingga dapat bermanfaat bagi lingkungan. (BC)