Camat Cikarang Barat Ingatkan Warga Pastikan Rumah Aman Saat Mudik

Camat Cikarang Barat Lukman Hakim saat melakukan monitoring arus mudik di Pos Pengamanan Lebaran 2024 di Terminal Kalijaya, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Minggu (07/04).
Camat Cikarang Barat Lukman Hakim saat melakukan monitoring arus mudik di Pos Pengamanan Lebaran 2024 di Terminal Kalijaya, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Minggu (07/04).

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARAT – Jelang libur Idul Fitri 1445 Hijriah, Camat Cikarang Barat, Lukman Hakim mengimbau warganya yang mau mudik lebaran untuk teliti mengecek kondisi rumah sebelum mudik.

Ketelitian itu khususnya tertuju pada barang elektronik yang tidak digunakan namun masih terkoneksi dengan sumber aliran listrik, mematikan air, kompor dan melepas regulator yang masih terpasang pada tabung gas.

Bacaan Lainnya

BACA: Gudang Palet, Rumah dan Kontrakan Terbakar saat Ditinggal Mudik

“Kunci pintu dan jendela dengan rapat sebelum meninggalkan rumah. Cek berkali-kali barang-barang di rumah. Matikan air dan cabut barang elektronik yang masih terkoneksi dengan listrik. Kompor juga begitu, cabut regulatornya dari tabung gas,” kata Lukman Hakim usai melakukan monitoring arus mudik di Pos Pengamanan Lebaran 2024 di Terminal Kalijaya, Cikarang Barat, Minggu (07/04).

Lukman menyarankan agar penghuni atau pemilik rumah mengaktifkan CCTV serta menitip pesan kepada pengurus Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) setempat sebelum mudik. Hal itu dimaksudkan agar mereka dapat memantau setiap rumah yang dalam kondisi kosong karena ditinggal mudik penghuninya.

“Titipkan pesan kalau rumah dalam kondisi kosong kepada pengurus RT RW, dan tetangga sebelum mudik biar dipantau sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” saran Lukman.

Selain itu, warga yang hendak pulang kampung juga diimbau untuk menyalakan lampu secukupnya, serta tidak meninggalkan barang-barang berharga di rumah termasuk kendaraan bermotor. Masyarakat bisa menitipkan kepada Polsek terdekat secara gratis dan terjamin aman.

“Polsek Cikarang Barat dan Polres Metro Bekasi juga buka penitipan sepeda motor, hal itu sangat bagus untuk membantu warga dalam mengamankan kendaraan dan barang berharga lainnya” ujar dia.

Sementara bagi masyarakat yang mudik dengan membawa kendaraan diimbau untuk  mengecek kondisi kendaraannya guna meminimalisir angka kecelakaan ataupun menjadi hambatan diperjalanan saat menikmati libur lebaran, apalagi saat balik lagi ke Cikarang Barat nanti.

“Untuk itu, saya sangat mengharapkan agar masyarakat yang mudik ke kampung halamannya dapat menikmati masa liburan lebaran Idul Fitri 1445 H dengan perasaan aman dan nyaman saat meninggalkan tempat tinggal di Kabupaten Bekasi, khususnya di Cikarang Barat. Jangan lupa balik untuk kembali berkarya dan bekerja, semoga Allah SWT lancarkan perjalanan mudik dan balik lebaran tahun ini,” tandasnya.  (DIM)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait