World Rabies Day 2023, Ribuan Kucing dan Anjing di Kabupaten Bekasi Divaksin Gratis

World Rabies Day 2023 diselenggarakan serentak se Indonesia, Sabtu (07/10). sedikitnya 1100 hewan peliharaan jenis anjing dan kucing di Kabupaten Bekasi mendapatkan vaksinasi rabies gratis.
World Rabies Day 2023 diselenggarakan serentak se Indonesia, Sabtu (07/10). sedikitnya 1100 hewan peliharaan jenis anjing dan kucing di Kabupaten Bekasi mendapatkan vaksinasi rabies gratis.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT –  Ribuan kucing dan anjing di Kabupaten Bekasi ditargetkan menerima vaksin rabies. Upaya ini merupakan langkah antisipasi penularan virus rabies dari hewan peliharaan ke manusia sekaligus dalam rangka memperingati World Rabies Day 2023.

Diketahui rabies merupakan virus yang berbahaya dan bisa menghilangkan nyawa manusia jika tergigit hewan yang terjangkit rabies. Meski di wilayahnya belum ditemukan kasus rabies, Pemerintah Kabupaten Bekasi intens melakukan vaksinasi hewan-hewan yang berpotensi membawa virus tersebut.

Bacaan Lainnya

BACA: Ikut Cat’s Festival 2021, Warga Cikarang Ramai-ramai Pelihara Kucing Saat Pandemi

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka World Rabies Day 2023 dengan tema semua untuk satu, one health untuk semua. Ini merupakan momentum untuk memberikan peringatan kepada masyarakat untuk senantiasa mengendalikan penyakit ini karena memang penyakit ini sangat berbahaya,” kata Kepala Bidang Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner di Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, drh. Dwian Wahyudiharto, Sabtu (07/10).

Kegiatan pemberian vaksin rabies gratis ini dilakukan di 13 lokasi. Selain di Puskeswan Setu dan Kedungwaringin, vaksinasi rabies juga dilakukan di klinik praktek dokter mandiri yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi. Sedikitnya 1100 hewan peliharaan dengan status hewan penular rabies (HPR) ditargetkan mendapatkan vaksinasi gratis.

“Data sementara, hingga sore ini pukul 17.00 WIB tercatat sudah ada 921 hewan peliharaan yang telah divaksin. Terdiri dari 819 kucing dan 102 anjing.  Kita masih tunggu capaian ahirnya sampai dengan jam 9 malam ini,” ungkapnya.

Dwian menambahkan kegiatan pemberian vaksin rabies ini tidak hanya dilakukan di wilayah Kabupaten Bekasi. Melainkan di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia sekaligus pemecahan rekor MURI pemberian vaksin rabies serentak. “Selain vaksinasi rabies, kegiatan ini juga diisi dengan layanan konsultasi hewan dan pengobatan hewan gratis,” tandasnya.  (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait