Ikut Cat’s Festival 2021, Warga Cikarang Ramai-ramai Pelihara Kucing Saat Pandemi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG SELATAN  – Pada masa pandemi ini, banyak kegemaran, hobi, atau keinginan baru yang muncul. Salah satu di antaranya adalah memiliki binatang peliharaan.

Hal ini seperti yang dialami Pandu (32). Sejak pandemi melanda di pertengahan tahun 2020 lalu, warga Kecamatan Cikarang Utara itu memiliki hobi baru yakni memelihara kucing.

“Miara kucing sejak pandemi. Ini kucing jenis pignose, tetapi dia lebih special karena warna matanya merah,” kata Pandu, saat ditemui di acara Cat’s Festival 2021 di Batiqa Hotel Jababeka, Sabtu (10/04).

Di acara Cat Festival 2021 ini, seperti halnya pecinta kucing lainnya, Pandu membawa hewan peliharannya untuk menjalani pemeriksaan kesehatan serta vaksinasi rabies gratis.

Selain itu, kucing yang dibawanya juga diikutsertakan dalam beragam perlombaan seperti kucing tersehat, kucing terindah, kucing terlincah dan kucing dengan bulu terbaik, bersaing dengan kucing ras lain yang dibawa pemiliknya.

“Ikut lomba ini juga baru pertama kali. Mudah-mudahan aja menang,” kata dia.

Hal senada diutarakan Wahyuni (44). Ibu rumah tangga ini mengaku melewati hari-hari di masa pandemi dengan merawat kucing bersama ketiga anaknya.

“Kebetulan anak-anak juga suka kucing dan selama pandemi ini mereka juga kan sekolah dari rumah jadi sama  anak-anak ngurus kucingnya,” kata dia.

Pemilik Thiusma Petshop & Clinic, drh Muhamad Ikbal mengatakan kucing menjadi binatang primadona dan paling banyak dipelihara di tengah pandemi.

Tingginya minat untuk memelihara kucing, karena binatang ini dianggap paling aman, mudah perawatannya dan familiar di tengah keluarga.

Apalagi, bagi sebagian kalangan memelihara hewan peliharaan khususnya kucing dinilai dapat membantu menghilangkan kejenuhan dan stress.

Kendati demikian, ia mengingatkan masyarakat perlu mewaspadai penyakit yang mungkin mengintai hewan peliharannya. Oleh karenanya, menjaga kesehatan dan kebersihan diri sendiri, lingkungan serta hewan peliharaan harus menjadi prioritas.

“Jadi yang terpenting sekarang adalah bagaimana cara kita menjaga diri kita sebagai pemilik kucing dan lingkungan serta pat animal kita agar tetap dalam kondisi yang sehat. Itu komitmen dan caranya adalah dengan rajin berkonsultasi, merawat serta menjaga sanitasi dan kebersihan diri kita, lingkungan hingga pat animal kita,” tandasnya. (BC)