uun-marpuah-coy
uun-marpuah-coy

Uun Marpuah Ajak Perempuan Kabupaten Bekasi Mandiri

BERITACIKARANG.COM, CIBITUNG – Istri Calon Bupati Bekasi dari Jalur Independen, Obon Tabroni, yakni Uun Marpuah mengajak perempuan Kabupaten Bekasi untuk mandiri. Salah satu gagasan yang dimilikinya adalah dengan menggenjot pemberdayaan ekonomi bagi perempuan, khususnya kaum ibu.

“Saya punya mimpi punya usaha mandiri, khususnya bagi ibu-ibu yang tidak bekerja,” kata Uun saat dihubungi melalui telfon selulernya, Senin (05/12).

Menurut dia, berdasarkan hasil konsolidasi yang dilakukannya di beberapa daerah di Kabupaten Bekasi, pemberdayaan ekonomi bagi perempuan memang harus menjadi prioritas. Selain untuk menunjukan potensi daerah, hal itu juga dirasa mampu meningkatkan perekoniam warga.

“Sebagai contoh di Muaragembong bisa dilakukan pengembangan makanan khas disana, misalnya seperti dodol rumput laut dan banyak lainnya,” kata dia.

Adapun persoalan permodalan bisa diatasi dengan sistem koperasi. “Permodalan kita bikin sistem koperasi, karena sebetulnya kan koperasi di Kabupaten Bekasi sekarang sudah seperti nggak ada artinya kayak yang udah hilang padahal kan masih dibutuhkan,” kata Uun.

Sementara untuk distribusi bisa dimanfaatkan dengan banyaknya penduduk urban sehingga bisa dijadikan oleh-oleh atau makanan khas untuk dibawa ke kampungnya.

“Di Kabupaten Bekasi ini lebih dari lima ribu pabrik yang berdiri dan banyak juga penduduk urbannya, masa tidak ada jalan keluarnya,” terangnya.

Pemberdayaan ekonomi bagi perempuan, sambungnya, sebetulnya sudah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi. Hanya saja baru golongan tertentu yang melakukannya, yaitu Ibu-ibu yang dekat dengan anggota Dewan atau tokoh tertentu, sehingga ada kecendrungan tidak terjadi pemerataan pemberdayaan ekonomi.

“Ketika kita menjadi pemimpin maka kita menjadi pemimpin masyarakatnya, apalagi ketika jadi Bupati ya maka kita menjadi pemimpin untuk masyarakat Kabupaten Bekasi sehingga kita harus bersikap adil dan tidak boleh membeda-bedakan berdasarkan ego sendiri. Insyaallah Obama bisa seperti itu, tidak pandang bulu atau tidak memandang dia dari golongan apa,” kata Ibu beranak tiga ini. (BC)

Baca Juga

Anggota DPR RI Obon Tabroni mengunjungi tanggul irigasi SS Bulak Mangga yang sedang dalam tahap perbaikan di Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung.

Perbaikan Tanggul SS Bulak Mangga, Obon Minta PJT II Gerak Cepat

BERITACIKARANG.COM, CIBITUNG –Pasca diperbaiki oleh Perum Jasa Tirta (PJT) II, tanggul irigasi “SS Bulak Mangga” di Desa …

Obon Tabroni saat merangkul perwakilan relawannya di 23 kecamatan pada acara 'Silaturahmi Sobat Obon' di Taman Limo, Desa Jatiwangi, Kecamatan Cikarang Barat, Sabtu (05/10).

Temu Relawan, Obon Tegaskan Pentingnya Kebersamaan dan Kerja Keras

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARATA – Jalan politik yang ditempuh relawan Obon Tabroni, atau yang biasa disebut …