Terbesar Ke 3 di Jawa Barat, Migrasi Jadi Penyebab Tingginya Laju Pertumbuhan Penduduk di Kabupaten Bekasi

Ilustrasi | source: google
Ilustrasi | source: google

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Jumlah Penduduk di Kabupaten Bekasi menduduki posisi terbesar ke 3 di Provinsi Jawa Barat. Kabid Keluarga Berencana (KB) Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Bekasi, Pantja Lihestiningsih mengatakan bahwa tingginya laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Bekasi, terutama disebabkan migrasi penduduk pencari kerja.

“Jadi tingginya laju pertumbuhan penduduk, bukan semata-mata karena meningkatnya jumlah kelahiran,” katanya, Rabu (27/04).

Bacaan Lainnya

Meskipun begitu, dikatakan olehnya bahwa salah satu tujuan program Keluarga Berencana adalah mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dengan berbagai upaya dan startegi dengan sasaran Pasangan Usia Subur (PUS) serta Wanita Usia Subur (WUS).

“Program Keluarga Berencana dengan sasawan Wanita Usia Subur, sudah kita mulai dari remaja dengan menggalakan PIK R/M yaitu Pusat Informasi dan Konseling Remaja serta mensosialisasikan program Generasi Berencana,” terangnya.

Dengan adanya program ini, lanjut dia diharapkan remaja menjadi generasi yang punya rencana ketika membina keluarga dan akan menghasilkan keluarga yang sehat serta menghasilkan generasi yang kuat.

“Kalau program keluarga Berencana dengan sasaran Pasangan Usia Subur (PUS) sudah kita lakukan dengan memberikan pemahaman kepada mereka tentang berbagai alat kontrasepsi dengan segala kekurangan dan kelebihannya,” jelasnya.

Menurutnya, selama ini kegiatan penggerakan sasaran PUS untuk ber KB, sudah dilakukan oleh petugas lini lapangan yang terdiri dari PLKB dan TDP yang tersebar di 23 Kecamata di Kabupaten Bekasi. (DB)

Pos terkait