Ilustrasi bus sekolah
Ilustrasi bus sekolah

Tekan Kecelakaan Pelajar, Pemkab Bekasi Akan Akomodir Bus Sekolah Gratis

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Perhubungan berencana untuk menyediakan bus sekolah gratis sebagai antisipasi pelajar memakai kendaraan motor sendiri ke sekolah.

BACA: Pemkab Bekasi Targetkan Layak Anak Tahun 2022

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Yana Suyatna mengatakan anak usia sekolah terutama Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang membawa sepeda motor sendiri untuk ke sekolah memang menjadi keprihatinan tersendiri di tengah masyarakat.

“Selain jelas melanggar aturan, anak usia sekolah yang membawa kendaraan sendiri ke sekolah juga sering kali terlibat kecelakaan yang berujung kepada kematian. Ini yang perlu kita antisipasi,” kata Yana Suyatna, Jum’at (15/02).

Pengadaan bus sekolah, kata dia, diajukan Dinas Perhubungan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Pusat agar dapat terealisasi di tahun 2020. “Apakah nanti disetujui atau tidak itu kan kebijakan pemerintah pusat,” ungkapnya.

BACA: Lewat Festival Band, Polisi Ajak Kaum Milenial Cikarang Tertib Berlalu Lintas

Jika terealisasi, dirinya berharap bus yang disediakan dapat disesuaikan dengan kondisi infrastruktur di lapangan. “Kalau misalkan untuk di daerah Sukatani, Muaragembong, Tambelang, kemungkinan busnya juga harus lebih kecil seperti bus 3/4 ataupun elf. Yang penting disesuaikan dengan infrastruktur jalan yang ada,” kata dia.

Selain itu, sambungnya, pengadaan bus sekolah itu juga tentunya harus mendapatkan dukungan dari sisi operasional.

“Mau ada penumpang ataupun tidak ada penumpang supir dan bahan bakar harus dibayar, termasuk untuk perawatan dan lain sebagainya. Jadi memang sebetulnya tidak mudah, namun kita berupaya agar bagaimana kita (pemerintah daerah-red) bisa memfalisitasi kebutuhan masyarakat terutama para pelajar dalam hal transportasi ke sekolah,” kata dia. (BC)

Baca Juga

Asisten Daerah III Kabupaten Bekasi, Suhup

TPA Tak Kunjung Dibuka, Pemkab Hindari ‘Bentrok’ dengan Warga Burangkeng

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi batal membuka paksa Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Burangkeng. …

Sekda Kabupaten Bekasi, Uju saat memberikan sambutan di acara pembukaan Kesiapan Pemilu 2019 di Hotel Antero Jababeka, Rabu (13/03) | Foto: Humas Pemkab Bekasi

Pemkab Bekasi dan KPU Rakor Bahas Kesiapan Pemilu 2019

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Dalam rangka persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan digelar bulan April …