sungai cilemahabang
sungai cilemahabang

Sungai Cilemahabang dibiarkan Tercemar, DPP LSM Kompi Minta Kepala BPLH dimutasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Imbas adanya pembuangan limbah dari sejumlah pabrik yang berada di Kawasan Industri di daerah hulu Kabupaten Bekasi membuat sungai Cilemahabang tercemar.

Informasi yang dihimpun dilapangan, kondisi ini sudah berlangsung lama dan membuat sungai Cilemahabang berwarna hitam pekat dan menimbulkan bau tidak sedap, tepatnya di Kp. Tirta Agung, Desa Waluya, Kecamatan Cikarang Utara.

BACA : Diduga Tercemar Limbah Pabrik, Air Sungai Cilemahabang Hitam dan Bau Menyengat

Ketua Umum DPP LSM Komite Masyarakat Peduli Indonesia (KOMPI), Ergat Bustomi mengatakan tercemarnya sungai Cilemahabang disebabkan tidak tegasnya Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Bekasi menindak perusahan-perusahaan yang membuang limbahnya ke sungai.

“Pengawasan yang dilakukan oleh BPLH mandul dan terkesan tutup mata dengan persoalan ini. Padahal, banyak pengaduan-pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat tetapi tidak ditindaklanjuti,” kata Ergat, Selasa (03/01).

Selain sungai Cilemahabang, kata dia, pencemaran limbah industri juga sudah terjadi di sungai lainnya yang ada di Kabupaten Bekasi seperti kali CBL. “Jangan karena ‘sesuatu’ akhirnya masyarakat yang menjadi korbannya,” ucapnya.

BACA : Hasil Uji Lab, Air Sungai Cilemahabang Positif Tercemar Limbah

Ia pun berharap Pemerintah Kabupaten Bekasi yang saat ini berada berada di bawah komando Plt. Bupati Rohim Mintareja dapat memanggil Kepala BPLH Kabupaten Bekasi, Daryanto serta jajarannya dan mendorong agar BPLH melakukan pengawasan secara ketat dan menindak tegas perusahaan-perusahan yang terbukti membuang limbahnya ke sungai sehingga merusak lingkungan.

“Kalau mereka tidak menggubris, tindak tegas dong. Apalagi dalam waktu dekat, katanya mau ada perubahan struktur OPD yang dilakukan Pemkab Bekasi, mutasi saja,” kata Ergat. (BC)

Baca Juga

Nyai (85), warga Desa Sukaraya, Kecamatan Karangbahagia saat mencuci piring di bantaran aliran sungai Cilemahabang, Senin (06/09).

Sungai Cilemahabang Tercemar, Pj Bupati Panggil Petinggi Perusahaan

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Pencemaran sungai Cilemahabang tak kunjung terselesaikan sampai saat ini. Padahal persoalan …

sungai cilemahabang

elKAIL : BPLH Kabupaten Bekasi Tidak Punya Konsep

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Kali Cilemahabang tercemar oleh limbah industri. Pencemaran yang terjadi mengakibatkan kondisi …