Serunya Warga Berebut Berkat Saat Hajat Bumi Rawa Binong

Sejumlah warga terlihat antusias menghadiri ritual hajat bumi Rawa Binong di Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi hingga berebut berkat berupa nasi dan lauk pauk hingga buah-buahan.
Sejumlah warga terlihat antusias menghadiri ritual hajat bumi Rawa Binong di Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi hingga berebut berkat berupa nasi dan lauk pauk hingga buah-buahan.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Warga dari berbagai elemen berkumpul di Rawa Binong, Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Sabtu (12/08). Mereka antusias menghadiri ritual hajat bumi, hingga berebut berkat berupa nasi dan lauk pauk hingga buah-buahan.

BACA: Jaga Tradisi dan Warisan Budaya, Sedekah Bumi Kembali Digelar di Situ Rawa Binong

Bacaan Lainnya

Ibu Eneng (48) salah satu warga mengaku ikut menghadiri ritual Hajat Bumi Rawa Binong untuk dapat keberkahan. “Kegiatan ini sebagai bentuk syukur kita. Intinya semoga kita semua selalu dilancarkan usahanya, diberikan kesehatan umur panjang berkah barokah,” kata dia.

Keseruan Hajat Bumi Rawa Binong juga dirasakan Ajat (39) warga lainnya. Menurutnya, momen tersebut menjadi ajang silaturahmi dalam kehidupan bersosialisasi dengan masyarakat. “Sebetulnya ini momen untuk lebih mendekatkan diri kita dengan warga lain. Berebut makanan dan buah-buahan gratis sambil seru-seruan aja,” kata dia.

Kepala Desa Hegarmukti, Ajo Subarjo mengatakan sedekah bumi merupakan salah satu tradisi yang senantiasa dijaga serta dilestarikan sejak tahun 1917 silam sebagai wujud rasa syukur kepada sang pencipta atas  berkah yang sudah diberikan kepada warga Desanya.

“Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya sebagai salah satu tradisi, warisan kebudayaan khas daerah kami yang selalu dijaga dan dilestarikan. Ini merupakan wujud rasa syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahruahkan rejekinya kepada kita semua,” kata dia.

Camat Cikarang Pusat, Edward Sutarman  berharap tradisi hajat bumi ini dapat terus dilestarikan sehingga nantinya bisa menjadi salah satu pendukung kegiatan wisata yang sudah ada.

“Tentunya kami berharap Rawa Binong bisa menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Bekasi. Perlu kerjasama dari semua pihak, terutama masyarakat agar potensi wisata bisa dikembangkan,” kata dia. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait