Peternak Diimbau Waspadai Penyakit Parasit pada Hewan!

Ilustrasi hewan ternak
Ilustrasi hewan ternak

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Penyakit parasit pada hewan ternak merupakan salah satu ancaman yang harus dihadapi oleh peternak. Kondisi cuaca Indonesia yang beriklim tropis dengan kelembaban tinggi merupakan salah satu faktor pendukung timbulnya penyakit parasit pada hewan.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Ventertiter di Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, drh. Dwiyan Wahyudiharto menuturkan, untuk mencegah dan mengendalikan penyakit parasit pada hewan,  pihaknya rutin melakukan pemberian obat cacing untuk sapi, kambing dan domba.

Bacaan Lainnya

BACA: 7 Hewan Ternak di Kabupaten Bekasi Terpapar Penyakit Mulut dan Kuku

“Pemberian obat cacing ini secara rutin kita berikan tiga bulan sekali, menjangkau kurang lebih 23 desa saat ini. Dan itu kita berkeliling memberikan pelayanan tersebut secara gratis kepada masyarakat,” kata drh. Dwiyan Wahyudiharto

Dirinya menjelaskan tujuan pemberian obat cacing pada hewan tersebut untuk mencegah dan mengobati infeksi cacing yang dapat menyebabkan penurunan kesehatan, pertumbuhan yang lambat, dan gangguan produktivitas pada hewan ternak.

“Untuk pemeliharaan hewan ternak, kunci utamanya pada konsumsi pakannya, itu harus cukup nilai gizinya. Selain itu juga, manajemen pemeliharaan, manajemen kandang, baru kemudian manajemen kesehatan dengan pemberian vitamin dan lainnya,” sambungnya.

Tak hanya itu, memasuki musim penghujan, masyarakat khususnya para peternak juga diimbau agar lebih memperhatikan kesehatan hewan ternaknya. Kondisi lingkungan yang cenderung lembab, peternak perlu mewaspadai kondisi kandang ternaknya, karena riskan terjadinya pertumbuhan parasit dan jamur yang menjadi bibit penyakit.

“Peternak paham betul saat memasuki musim penghujan nanti, antisipasi seperti apa yang harus dipersiapkan. Disarankan, untuk tidak memberi pakan rumput yang masih basah, musim penghujan banyak rumput-rumput muda yang baru tumbuh. Biasanya hewan ternak kalau dikasih pakan itu gejala ke ternaknya kembung,” imbaunya. (RIZ)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait