LTT Padi di Kabupaten Bekasi Bertambah Jadi 13.450 Ha

Launching Gerakan Percepatan Tanam Periode Gadu (Tanam di Musim Kemarau) di Kecamatan Cabangbungin, Sabtu (14/09) pagi.
Launching Gerakan Percepatan Tanam Periode Gadu (Tanam di Musim Kemarau) di Kecamatan Cabangbungin, Sabtu (14/09) pagi.

BERITACIKARANG.COM, CABANGBUNGIN  – Sektor pertanian sampai saat ini dinilai masih terbukti menjadi sektor yang menunjang kegiatan perekonomian di Kabupaten Bekasi. Salah satunya dengan semakin bertambahnya Luas Tambah Tanam (LTT) padi sehingga bisa optimal dimanfaatkan masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Nani Suwarni mengatakan di bulan Agustus 2019, Kementrian Pertanian RI  menargetkan LTT padi di Kabupaten Bekasi hanya 9.000 hektare. Namun berdasarkan data di lapangan, Kabupaten Bekasi telah mencapai angka hampir 12.000 hektar.

Bacaan Lainnya

“Makanya di bulan September ini  Kabupaten Bekasi kembali mendapat kepercayaan dari Kementrian agar LTT padi ditambah menjadi 13.450 hektar,” kata Nani Suwarni saat menghadiri launching Gerakan Percepatan Tanam Periode Gadu (Tanam di Musim Kemarau) MT 2019 di Kecamatan Cabangbungin, Sabtu (14/09) pagi.

Khusus di Kecamatan Cabangbungin, LTT padi yang ditambah mencapai 300 hektar. Sementara sisanya tersebar di sejumlah kecamatan lain di wilayah Kabupaten Bekasi. “Meski kemarau para petani tidak khawatir karena sudah tersedia pompa yang cukup besar dimana airnya diambil dari sungai sehingga kebutuhan air para petani bisa terpenuhi. Selain itu ada juga  yang airnya dialirkan dari irigasi yang disiapkan PJT,” tuturnya.

Launching gerakan Percepatan Tanam Periode Gadu MT 2019 ini turut dihadiri Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati, dr. Adnan; Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, Hendi Jatnika; Komandam Kodim 0509/Kab Bekasi yang diwakili Kepala Staf Kodim 0509/Kab. Bekasi, Usep Sirajusar’i beserta para Danramil, Kapolsek Cabangbungin beserta jajaran, Camat Cabangbungin; Kelompok Tani, Koordinator Penyulih, Babinsa dan seluruh Kepala Desa di Kecamatan Cabangbungin.

“Melalui adanya penambahan LTT padi ini kami beraharap para petani di Kabupaten Bekasi baik petani penggarap maupun pemilik tetap produktif karena tentunya pemrintah akan terus mengoptimalkan melalui program LTT, memberikan pupuk gratis, benih gratis, pestisida gratis serta bantuan bensin untuk pompanisasi dan traktor baik roda dua maupun roda empat,” kata dia. (BC)

Pos terkait