Tim Unit Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Bekasi saat mengecek lokasi dan melakukan assesemen lokasi banjir yang menerjang pemukiman warga di RT 07/08 Perumahan Puri Nirwana Residence pada Minggu 03 Maret 2019 malam.
Tim Unit Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Bekasi saat mengecek lokasi dan melakukan assesemen lokasi banjir yang menerjang pemukiman warga di RT 07/08 Perumahan Puri Nirwana Residence pada Minggu 03 Maret 2019 malam.

Perumahan Puri Nirwana Residence Langganan Banjir

BERITACIKARANG.COM, KARANG BAHAGIA – Curah hujan yang cukup tinggi belakangan ini menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Bekasi. Salah satu tempat yang terdampak adalah Perumahan Puri Nirwana Residence di Desa Sukaraya, Kecamatan Karang Bahagia.

Warga di perumahan ini mengeluhkan tempat tinggalnya menjadi langganan banjir setiap hujan turun. Terakhir, banjir melanda jalan dan pemukiman warga di RT 07/08 Perumahan Puri Nirwana Residence pada Minggu 03 Maret 2019 kemarin.

Berdasarkan data Pusdalop PB BPBD Kabupaten Bekasi, di lokasi tersebut ada 340 KK yang terdampak dengan ketinggian air mencapai 40 centimeter.

Petugas kemanan RT 07/08, Gumang mengatakan banjir di lokasi tersebut diduga terjadi karena saluran pembuangan air dari kali irigasi yang melintasi perumahan Puri Nirwana Residence menuju kali sasak bangke tidak memadai.

Akibatnya, saat hujan deras air dari kali irigasi meluap ke jalan dan pemukiman warga. “Kalau irigasinya sih lebar sekitar 3 meter tetapi karena saluran pembuangannya hanya semeter atau dua meteran jadinya meluap kalau hujan lebat,” kata Gumang.

Selain itu, sambungnya, danau resapan yang dibuat oleh pihak pengembang juga dianggap tidak memadai. “Warga sih berharap banget kalau memang (saluran pembuangan kali irigasi menuju kali sasak bangke-red) nggak bisa diperbesar, harusnya pengembang buat danau resapan lagi,” kata dia.

Sementara itu Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang PUPR Kabupaten Bekasi, Nur Chaidir mengaku dalam waktu dekat akan memeriksa amdal dan peil banjir perumahan tersebut. “Coba nanti saya cek dulu,” singkatnya. (BC)

Baca Juga

Tersangka T (42) saat dihadirkan di acara gelar perkara kasus penemuan jasad wanita di wanita di Perumahan Grand Permata City, Desa Karang Setia, Kecamatan Karang Bahagia di Lobby Polres Metro Bekasi, Senin (29/04).

Kasus Penemuan Jasad Wanita di Perumahan Grand Permata City Terungkap, Dibunuh Suaminya

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Kasus penemuan jasad wanita di Perumahan Grand Permata City, Desa Karang …

Pemuda yang Hanyut di Kali Cikarang Ditemukan 3 Km dari Lokasi Awal Tenggelam

BERITACIKARANG.COM, KARANG BAHAGIA – Setelah dikabarkan hanyut dan tenggelam di Kali Cikarang, seorang pemuda berinisial …