Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja saat menghadiri peluncuran 12 produk UMKM asli Kabupaten Bekasi di Indomaret, Cikarang Festival (Cifest), Cikarang Selatan, Selasa (29/12).
Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja saat menghadiri peluncuran 12 produk UMKM asli Kabupaten Bekasi di Indomaret, Cikarang Festival (Cifest), Cikarang Selatan, Selasa (29/12).

Pertama di Jabodetabek, 12 Produk UMKM Kabupaten Bekasi Masuk Minimarket

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG SELATAN  –  Sebanyak 12 produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) asli Kabupaten Bekasi mulai dipasarkan di outlet PT. Indomarco Prismatama (Indomaret). Pelibatan UMKM ini menjadi yang pertama di Jabodetabek dan ke 7 di nasional.

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja mengatakan masuknya produk UMKM ke outlet minimarket menjadi momen kebangkitan ekonomi masyarakat Kabupaten Bekasi di masa pandemic Covid-19.

“Ini momen yang luar biasa, momen kebangkitan ekonomi di Kabupaten Bekasi. UMKM ini sangat sulit di masa seperti saat ini. Tentu saja, kerjasama ini sangat berarti bagi UMKM yang ada di Kabupaten Bekasi. Tidak mudah kerjasama dengan retail-retail modern, Indomaret ini pelopornya,” kata Eka saat menghadiri peluncuran 12 produk UMKM asli Kabupaten Bekasi di Indomaret, Cikarang Festival (Cifest), Cikarang Selatan, Selasa (29/12).

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bekasi, Iyan Priyatna, unsur Muspika Kecamatan Cikarang Selatan, Perwakilan managemen Indomaret, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Bekasi dan juga para pelaku UMKM di Kabupaten Bekasi.

Eka memberikan ucapan selamat kepada para UMKM yang produknya sudah dapat dijual di Indomaret. Ia berharap, semoga para pelaku UMKM dapat menjaga produknya dan terus berinovasi agar produknya dapat laku di pasaran.

“Kita akan berikan pelatihan untuk pelaku UMKM. Dengan begitu, harapannya agar perekonomian di Kabupaten Bekasi ini bisa bergerak lebih baik lagi. Di era yang modern ini kita bisa menjual produk yang laku di pasaran,” jelasnya.

Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Bekasi, Toto Iskandar menyampaikan, ini merupakan langkah awal bagi para pelaku usaha di Kabupaten Bekasi agar dapat diterima oleh masyarakat luas.

“Ini merupakan langkah awal yang bagus bagi para pelaku usaha di Kabupaten Bekasi. Ini pertama kalinya trobosan seperti ini dibuat. Mudah-mudahan ini dapat menjadi investasi akhirat,” singkatnya.

Sementara itu, Perwakilan Managemen Indomaret, Santoro Sigit menuturkan, kegiatan tersebut selaras dengan program kerja Indomaret. Yakni, mengembangkan produk UMKM di masing-masing cabang.

“Di Jabodetabek ini baru pertama kali, secara nasional ini ke-7. Ini kebanggan bagi kami semua, bisa memberikan kontribusi terhadap Pemda untuk memberdayakan produk UMKM dapat di jual di PT. Indomarco Prismatama,” katanya.

Terhadap 12 produk yang telah dilaunching, Pihaknya menyampaikan, tidak akan berhenti sampai disitu saja. Kedepannya, Indomaret akan terus melalukan kurasi terhadap produk usaha UMKM lainnya agar dapat masuk dan dijual di Indomaret.

“Tentunya 12 produk yang kita launching, tidak hanya sampai di sini saja. Nanti kedepannya, kita akan melakukan kurasi selanjutnya, masih ada pelaku usaha umkm di Kabupaten Bekasi untuk masuk di PT. Indomarco Prismatama. Mudah-mudahan ini menjadi pemicu semangat dalam kondisi yang sulit ini dan bisa mengembangkan produk UMKM di Kabupaten Bekasi ini,” kata dia. (***)