Pepadi Kabupaten Bekasi Berharap Wayang Masuk Kurikulum Sekolah

wayang golek anak SD
wayang golek anak SD

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Bekasi beraharap agar pengetahuan mengenai seni dan budaya wayang dapat masuk ke dalam kurikulum sekolah.

Ketua Pepadi Kabupaten Bekasi, Danto mengatakan bahwa pihaknya telah mengirimkan usulan dalam bentuk surat tertulis kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi agar dapat dikaji dan disetujui.

Bacaan Lainnya

“Tujuannya adalah untuk melestarikan salah satu kebudayaan Indonesia yang diakui dunia itu kepada generasi muda, baik bagi siswa SD, SMP maupun SMA,” kata Danto, Jum’at (07/04).

Pria yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Bekasi itu mengakui bahwa upaya tersebut belum pernah ada mengingat selama ini belum ada penggeraknya.

“Kita sadar waktu itu belum ada penggeraknya. Tetapi sekarang kita akan berjibaku agar dapat melestarikan wayang ke dunia sekolah, khususnya kepada generasi muda” ucapnya.

Ia berharap pemerintah dapat mendukung usahanya untuk melestarikan dan mempertahankan wayang dengan memasukan wayang pada kurikulum sekolah.

“Selain itu, kami pun berencana untuk memasukan cerita tentang Bekasi, seperti kisah perjuangan KH. Noer Ali dalam bentuk cerita garapan,” tandasnya. (BC)

Pos terkait