Ilustrasi

Penderita TBC di Kabupaten Bekasi Capai 4.804 Orang

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Jumlah penderita penyakit Tuberculosis (TBC) di Kabupaten Bekasi cukup tinggi. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi, jumlah penderita TBC mencapai 4.804 orang.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular di Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Supriatna Jamal, mengatakan jumlah penderita TBC tersebar di setiap kecamatan dan potensi penularannya pun cukup tinggi. Hal itu disebabkan penyebaran virus yang begitu cepat melalui udara.

“Jumlah itu (penderita TBC-red) dari data terakhir yang kami terima berdasarkan laporan dari Puskesmas dan Rumah Sakit baik RSUD maupun RS Swasta di Kabupaten Bekasi,” kata Supriatna, Rabu (28/03) sore

Dijelaskan olehnya, penyakit TBC memiliki beberapa gejala awal. Di antaranya, gejala batuk selama dua minggu berturut-turut disertai batuk berdarah, sesak napas, napsu makan berkurang, serta berkeringat pada malam hari tanpa aktivitas. Penderita TBC harus mendapatkan pengobatan rutin selama enam hingga delapan bulan.

Berdasarkan data yang diperolehnya, dari 4.804 orang penderita TBC, sekitar 41 orang diantaranya adalah anak-anak dengan usia sekitar 5-14 tahun.  “Anak-anak juga ada yang tertular,” imbuhnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran TBC, menurut Supriatna, maka harus diterapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di masyarakat. Jika PHBS sudah melekat pada masyarakat, segala macam penyakit tidak akan mudah berkembang biak. Penyakit TBC dapat dengan mudah berkembang melalui lingkungan yang tidak sehat. Misalnya, di daerah yang kumuh dan lembab.

“Yang pasti penderita TBC itu diakibatkan faktor lingkungan. Kalau kita masih malas bersih-bersih, jangan salahkan orang lain, tapi kita sendiri,” pungkasnya. (BC)

Baca Juga

Banjir yang menerjang pemukiman warga di Kp. Tambun Pertama, Desa Pusaka Rakyat, Kecamatan Tarumajaya, Minggu (23/02/2020).

Warga Kabupaten Bekasi Diimbau Waspadai Dampak Fenomena La Nina

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten mengimbau warga untuk mewaspadai …

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi,Ani Rukmini.

Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi Minta Bupati Isi Kekosongan Jabatan Agar Kinerja OPD Maksimal

BERITACKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi meminta agar Bupati Bekasi segera mengisi …