Pawai Obor Semarakan Malam Tahun Baru Islam di Kabupaten Bekasi

Pelepasan peserta pawai obor di Kp. Pamupukan, RT 01/04 Desa Jatibaru, Kecamatan Cikarang Timur, Rabu (20/09) malam.
Pelepasan peserta pawai obor di Kp. Pamupukan, RT 01/04 Desa Jatibaru, Kecamatan Cikarang Timur, Rabu (20/09) malam.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Warga di sejumlah daerah di Kabupaten Bekasi memperingati malam tahun baru Islam 1439 H dengan menggelar pawai obor, Rabu (20/09) malam. Salah satunya adalah warga di Kp. Pamupukan, RT 01/04 Desa Jatibaru, Kecamatan Cikarang Timur.

Salah seorang warga, Ida Nurfarida menjelaskan kegiatan pawai obor merupakan bentuk syukur dan juga cara warga untuk merayakan tahun baru Islam.”Beginilah cara kami memperingati tahun baru Islam dan ini sudah setiap tahun dilakukan,” katanya.

Bacaan Lainnya

Pawai obor itu dilakukan dengan cara berjalan kaki mengelilingi perkampungan dengan mendapat pengawalan pihak kepolisian.

“Jadi sebelum diberangkatkan, rombongan pawai obor kami ingatkan agar menjaga keamanan dan ketertiban dengan tetap memperhatikan keselamatan dan keamanan di jalan serta memperhatikan api obor yang dibawa,” kata Bhabin Desa Jatibaru, Bripka Malis.

Selain itu, sambungnya, kepolisian juga mengingatkan agar para orang tua memperhatikan anak-anaknya dan meminta para peserta menjaga ketertiban dengan tidak mengganggu orang lain ataupun fasilitas umum.

Selain di Cikarang Timur, pawai obor juga dilakukan warga di perumahan Cikarang Baru. Salah seorang warga yang melihatnya, Dede, mengaku senang dan kagum dengan kreasi warga.”Saya tadi lagi melintas, saya melihat seru juga. Karena momen malam tahun baru Islam makanya ada pawai obor,”  ucapnya.

Dia melihat pawai obor itu diikuti oleh anak-anak kecil hingga remaja. “Mereka bawa obor, ada juga yang bawa rebana sambil dimainkan, sambil nyanyi dan selawatan,” ujarnya.

Menurut Dede, kegiatan pawai obor harus dipertahankan dalam setiap perayaan menyambut tahun baru Islam. “Harus dijaga ya, jangan sampai tergerus jaman,” kata dia. (BC)

Pos terkait