Proses pembersihan sampah di Kali Jambe secara manual pada Kamis (09/01) kemarin.
Proses pembersihan sampah di Kali Jambe secara manual pada Kamis (09/01) kemarin.

Pasca Banjir, 8 Truk Angkut Sampah dari Kali Jambe

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN SELATAN  – Tumpukan sampah sempat menyumbat aliran Kali Jambe di jembatan penghubung antara Kecamatan Tambun Selatan dengan Tambun Utara pasca banjir di awal tahun 2020 lalu.  Secara bertahap, sampah-sampah tersebut kini telah diangkat.

Camat Tambun Selatan, Junaefi mengatakan pengangkutan sampah dilakukan sejak Kamis 09 Januari 2020 dengan melibatkan beberapa unsur seperti muspika, pengurus desa, RT dan RW serta masyarakat setempat.

“Kemarin pembersihan kali masih dilakukan secara manual, kerja bakti. Tetapi hari ini kami gunakan beko (alat berat) dan sekarang sudah selesai, sudah lancar aliran kalinya,” kata Junaefi, Jumat (10/01).

Sampah-sampah yang menyumbat aliran Kali Jambe itu terdiri dari plastik, kayu, styrofoam hingga batang pohon. Sampah tersebut diangkut menggunakan 8 unit truk sampah ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Burangkeng.

“Tetapi sebelum diangkut kita pilih dulu mana yang bisa diangkut dan tidak karena itu kan banyak gedebong (batang pisang) dan batang pohon yang berukuran besar,” kata dia.

Menurut warga sekitar, sebelumnya lokasi tersebut memang sudah dipenuhi sampah. Tetapi setelah banjir surut, sampah tidak terbendung lagi bahkan menyumbat aliran Kali Jambe di lorong jembatan tersebut. (BC)