Parpol Diminta Aktif Tingkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu

Mengecek DPT di TPS 02 Kelurahan Serta Jaya Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi.
Mengecek DPT di TPS 02 Kelurahan Serta Jaya Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi.

BERITACIKARANG.COM, KEDUNGWARINGIN –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi mendorong Partai Politik (Parpol) berikan pendidikan politik kepada publik. Hal ini bertujuan agar angka partisipasi masyarakat pada Pemilu tahun 2024 meningkat dari Pemilu sebelumnya.

“Partai politik memiliki peran dalam hal pendidikan politik kepada publik apalagi posisi mereka sangat strategis melalui calon legislatif, anggota atau simpatisan. Saya kira itu pokok penting,” kata Ketua KPU Kabupaten Bekasi Jajang Wahyudin.

Bacaan Lainnya

Dia berharap angka partisipasi pada Pemilu 2024 mencapai 80 persen lebih. “Paling tidak tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 bisa kembali melampaui target KPU RI. Kalau target kami bisa di atas 80 persen,” ungkapnya.

Dia mengatakan pada Pemilu 2019, partisipasi pemilih di wilayahnya mencapai 81,36 persen atau lebih tinggi dibandingkan target KPU RI sebesar 77,5 persen pemilih.

“Tingkat partisipasi kami saat itu cukup tinggi. Ini yang minimal akan kita kejar pada pemilu mendatang. Mudah-mudahan bisa lebih tinggi lagi,” katanya.

Sementara terkait tahapan pemilu 2024, pihaknya saat ini tengah menerima pengajuan bakal calon legislatif dari Parpol. Tahapan ini sudah dimulai sejak tanggal 1 Mei 2023 lalu dan akan ditutup pada 14 Mei 2023 mendatang pukul 23.59 WIB. (riz)

Pos terkait