Musim Kemarau, Sejumlah Lahan Ilalang di Kabupaten Bekasi Terbakar

Petugas pemadam kebakaran saat memadamkan api yang membakar ilalang dan tumpukan sampah di Tarumajaya, 21 Juli 2018 lalu.
Petugas pemadam kebakaran saat memadamkan api yang membakar ilalang dan tumpukan sampah di Tarumajaya, 21 Juli 2018 lalu.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Sejumlah lahan ilalang di Kabupaten Bekasi terbakar, menyusul musim kemarau yang menerpa. Cuaca panas dan kering menyebabkan lahan yang ditumbuhi ilalang sangat mudah untuk terbakar.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Sahat MBJ Nahor mengaku jika hampir tiap hari pihaknya menerima laporan kebakaran dan melakukan evakuasi pemadaman pada lahan ilalang yang terbakar.

Bacaan Lainnya

“Sebagai informasi, selama bulan Juli 2018 kemarin itu terjadi 55 peristiwa kebakaran. Bahkan dalam satu hari ada 4 sampai 5 pengaduan masyarakat soal kebakaran dan didominasi oleh kebakaran ilalang,” kata Sahat MBJ Nahor, Jum’at (17/08).

Sahat menjelaskan, kebakaran ilalang sangat wajar terjadi pada musim kemarau akibat cuaca panas dan kering. “Apalagi ditambah puntung rokok yang dibuang sembarangan dan pembakaran sampah yang ditinggalkan oleh yang membakarnya kemudian menjalar,” jelasnya.

Meski banyak pengaduan masyarakat soal kebakaran, Sahat mengatakan saat ini tidak ada kendala berarti yang dihadapi para personilnya untuk membantu memadamkan api. “Karena personil kita standby 24 jam,” ungkapnya.

Apalagi, kendaraan pemadam kebakaran juga telah ditempatkan di 7 wilayah demi menghemat waktu tanggap penanggulangan bencana kebakaran. Tercatat, pemadam kebakaran itu berjaga di Cikarang Barat, Tarumajaya, Babelan, Cikarang Utara, Cikarang Pusat, Cikarang Selatan dan Tambun Selatan. (BC)

Pos terkait