Koperasi di Kabupaten Bekasi Diminta Jaga Kepercayaan Masyarakat

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan saat menghadiri penghargaan Koperasi Makin Berani Award yang menjadi rangkaian acara Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-76 Tingkat Jawa Barat di Central Park Meikarta, Cikarang Selatan, Kamis (27/07) malam.
Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan saat menghadiri penghargaan Koperasi Makin Berani Award yang menjadi rangkaian acara Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-76 Tingkat Jawa Barat di Central Park Meikarta, Cikarang Selatan, Kamis (27/07) malam.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Koperasi yang ada di Kabupaten Bekasi diminta untuk dapat terus menjaga kepercayaan masyarakat. Hal ini penting agar seluruh koperasi di di bumi swatantra wibawa mukti kian berjaya dan mampu mencapai tujuan utamanya yakni menjadi soko guru perekenomian bangsa.

Demikian disampaikan Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan saat menghadiri penghargaan Koperasi Makin Berani Award yang menjadi rangkaian acara Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-76 Tingkat Jawa Barat di Central Park Meikarta, Cikarang Selatan, Kamis (27/07) malam.

Bacaan Lainnya

BACA: Buka Harkopnas ke-73 Tingkat Jawa Barat, Wagub Uu: Database Koperasi Harus Akurat dan Faktual

“Karena memang saat ini harus diakui masyarakat masih banyak yang belum teryakinkan, terlebih dengan adanya beberapa kejadian beberapa waktu seperti adanya koperasi bodong, abal-abal ataupun yang miss management,” kata Dani.

Untuk itu, sambungnya, untuk mencegah penyalahgunaan pemanfaatan koperasi di wilayahnya Pemerintah Daerah terus berupaya meningkatkan pengawasan. Salah satunya dengan memberikan penghargaan kepada koperasi-koperasi di Kabupaten Bekasi yang secara manajemen terbukti akuntabel dan sehat.

“Satu saja kasus tentu bisa merontokan upaya kita membangun koperasi oleh karena itu cara kita adalah meningkatkan pengawasan tetapi tentu dengan cara-cara yang kreatif, yang menarik sehingga membuat koperasi semakin bergairah yaitu dengan acara memberikan award,” ungkapnya.

Melalui penghargaan ini Dani berharap koperasi-koperasi di Kabupaten Bekasi termotivasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan sesuai jenis usahanya dan terus berupaya menjaga kepercayaan masyarakat atau anggotanya.

“Karena ketika kepercayaan masyarakat terbentuk maka tujuan akhirnya yakni bagaiamana koperasi semakin berjaya di Kabupaaten Bekasi insya allah bisa tercapai,” kata dia.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi, Ida Farida mengatakan penyelanggaran Koperasi Makin Berani Award ini adalah kali kedua dari penyelenggaran koperasi award di tahun 2022.

“Kegiatan ini bertujuan untuk melihat menseleksi dan menilai dari koperasi-koperasi yang ada di kabupaten Bekasi sehingga menjadi bahan kami di Dinas Koperasi dan UKM maupun Dekopinda, PKPRI dan FK3Bbersinergi memadukan seluruh program-program dengan harapan akan mendapatkan koperasi-koperasi yang berkualitas,” ungkapnya.

Proses seleksi dilakukan terhadap seluruh koperasi yang ada di Kabupaten Bekasi. Dari 1500 koperasi yang terdata , sambungnya, hanya 800 koperasi yang ternyata aktif. Dari hasil seleksi terpilih 150 koperasi yang memenuhi kriteria sehat baik secara  administrasi, keanggotaan, dan kelembagaan.

“Kemudian dari data 150 ini kami serahkan kepada tim independen dimana mereka akan melihat secara keseluruhan baik adminitsrasi maupun visitasi ke lapangan sehingga betul-betul objektif dalam melakukan penyeleksian tanpa intervensi dari Pemerintah Kabupaten Bekasi,” ungkapnya.

Dari hasil seleksi, terpilih 15 koperasi dengan beberapa kriteria dengan nomisasi-nominasi terbaik baik dari koperasi karyawan maupun koperasi masyarakat. “Mudaha-mudagan dengan kegiatan ini akan memotivasi koperasi- koperasi di kabupaten Bekasi meningkatkan kualiutasnya, akan lebih tranparan, dan lebih memperkuat jaringan dengan seluruh anggota-anggotanya,” kata Ida.

Ke depan, strategi yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Bekasi ialah mendorong koperasi berprestasi ini sebagai koperasi percontohan dan mentor bagi koperasi-koperasi yang lain.

Berikut ini daftar pemenang Koperasi Makin Berani Award Tahun 2023:

1. Pemenang Juara I
– Kategori Koperasi Konsumen, PT SANKYU INDONESIA INTERNATIONAL Unit Kantor Pusat
– Kategori Koperasi Karyawan Sejahtera, PT SANOH INDONESIA
– Kategori Koperasi Guru/Sekolah, Koperasi Konsumen Guru dan Pegawai Darma Bakti
– Kategori Koperasi Pegawai Negeri, Primer Koperasi Mulya Abadi Polres Metro Bekasi
– Kategori Koperasi Jasa, KSP, dan Produsen, Koperasi Jasa TKBM Unilever Indonesia

2. Pemenang Juara II
– Kategori Koperasi Konsumen, PT KAO INDONESIA;
– Kategori Koperasi Karyawan Usaha Bersama, PT YKK ZIPCO INDONESIA;
– Kategori Koperasi Guru/Sekolah, Koperasi Konsumen Amanah Perjuangan Bersama;
– Kategori Pegawai Negeri, Koperasi Konsumen Pratama Karya Sejahtera;
– Kategori Koperasi Jasa, KSP dan Produsen, Primer Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia.

3. Pemenang Juara III
– Kategori Koperasi Konsumen, KOYORAD JAYA INDONESIA;
– Kategori Koperasi Karyawan, PT VISION EASE ASIA;
– Kategori Koperasi Guru/Sekolah, Koperasi Konsumen Delapan;
– Kategori Koperasi Pegawai Negeri, Koperasi WREDATAMA RI;
– Kategori Jasa, KSP, dan Produsen, Koperasi Jasa Amanah Maju Sejahtera.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait