Kirab Pemilu 2024 Singgah di Kabupaten Bekasi

Perjalanan kirab bendera 18 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 tiba di Kabupaten Bekasi, Senin (13/11)
Perjalanan kirab bendera 18 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 tiba di Kabupaten Bekasi, Senin (13/11)

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT –  Perjalanan kirab bendera partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 tiba di Kabupaten Bekasi, Senin (13/11). Selain untuk publikasi dan edukasi, Kirab Pemilu digelar untuk mendongkrak partisipasi masyarakat dalam kontestasi politik lima tahun ke depan.

BACA: KPU Kabupaten Bekasi Targetkan Partisipasi Pemilu 2024 Melebihi 80 Persen

Bacaan Lainnya

Datang dari Kabupaten Karawang, rombongan kirab diterima langsung jajaran KPU Kabupaten Bekasi. Serta disambut Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan di lapangan apel Plaza Pemkab Bekasi, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Ali Rido menjelaskan, Kirab Pemilu 2024 merupakan agenda KPU RI dan Provinsi Jawa Barat. Tujuannya menyosialisasikan ke masyarakat bahwa Pemilu 2024 atau pesta demokrasi ini sudah dekat.

“Agenda kirab pemilu ini merupakan rangkaian tahapan yang sudah diatur dalam Undang-undang 7 tahun 2017 bahwa KPU Provinsi, Kabupaten/ Kota melakukan rangkaian termasuk sosialisasi,” kata Ali Rido.

Untuk Kirab Pemilu 2024, kata Ali, dilaksanakan mulai hari ini hingga enam hari kedepan. Nantinya, kegiatannya mulai dari KPU Goes To Campus, serta pawai kirab sosialiasi di setiap daerah pemilihan di Kabupaten Bekasi.

“Hari kedua sampai enam, beberapa kecamatan mewakili dapil masing-masing laksanakan kegiatan sosialisasi ke masyarakat terkait pemilu sudah dekat,” imbuhnya.

Ali menambahkan, setelah hari keenam bendera petaka ini selanjutnya akan diserahkan kepada KPU Kota Bekasi pada lanjutan perjalanan kirab bendera parpol peserta Pemilu 2024.

Sementara itu, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menambahkan, Kirab Pemilu menjadi sebuah sarana sosialisasi dan edukasi pada masyarakat dalam proses demokrasi. “Oleh karenanya kirab Pemilu menjadi vital dan strategis dalam meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat dalam menggunakan hak suara pada pemilu 2024,” kata Dani.

Dia menegaskan, pihaknya siap mendukung pelaksanaan kirab pemilu di Kabupaten Bekasi. Diharapkan kegiatan ini bukan sekedar acara seremonial saja. Namun lebih dari itu, Kirab Pemilu digelar untuk meningkatkan partisipasi masyarakat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) gunakan hak suaranya. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait