Kerukunan dan Gotong Royong Warga Kabupaten Bekasi dalam Karnaval HUT RI

Simbol kerukunan dan gotorng royong, Ratusan warga di RW08 Desa Telaga Murni, Cikarang Barat Kabupaten Bekasi mengikuti karnaval baju adat nusantara HUT RI ke-78
Simbol kerukunan dan gotorng royong, Ratusan warga di RW08 Desa Telaga Murni, Cikarang Barat Kabupaten Bekasi mengikuti karnaval baju adat nusantara HUT RI ke-78

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARAT – Berbagai cara unik dilakukan oleh warga Kabupaten Bekasi untuk merayakan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78. Mulai dari pelaksanaan lomba khas Agustusan seperti tarik tambang dan balap karung hingga pawai karnaval  budaya.

BACA: Mantap! Reog Ponorogo Singo Manggolo Kridho Hibur Warga Cikarang

Bacaan Lainnya

Seperti yang dilakukan warga di RW 08 Perumahan Telaga Murni, Desa Telaga Murni, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi pada Minggu (28/08).  Ratusan warga dari 10 RT mengikuti karnaval dengan menampilkan beragam baju adat nusantara.

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan peringatan HUT RI pantas disambut dengan gembira, karena kemerdekaan itu adalah sesuatu yang harus disyukuri dan dirayakan.

“Artinya ada jiwa nasionalisme dan cinta tanah air yang bisa kita tanamkan dalam kegiatan ini, serta mengevaluasi diri masing-masing, sehingga dengan momentum ini banyak hikmah yang kita petik,” kata dia.

Dani menyampaikan, karnaval yang digelar tidak sekedar menampilkan keindahan saja namun juga memiliki pesan tersirat bahwasanya busana tradisional yang ditampilkan merupakan wujud Bhinneka Tunggal Ika.

“Masyarakat yang ikut karnaval harus turut bersyukur karena kemerdekaan sudah diraih dari sejak dahulu, penampilan baju adat budaya Nusantara menjadi ciri dari nilai  Bhinneka Tunggal Ika di masyarakat,” terangnya.

Dani berharap meskipun peringatan HUT RI tanggal 17 Agustus sudah berlalu, namun semangat kerukunan dan gotong royongs dapat terus terjalin di tengah masyarakat Kabupaten Bekasi.

“Walaupun sudah berakhir tapi semangat harus tetap dikobarkan, dan semoga indeks kebahagiaan kita terus meningkat.” imbuhnya.

Ketua RW 08 Triyana menambahkan, kegiatan karnaval ini sudah dilaksanakan untuk ketiga kalinya yang digelar setiap satu tahun sekali.

“Setiap Agustus kita adakan upacara serta karnaval, ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami, dengan kompak dan bersatu kita bisa lebih maju, semangat bergotong-royong dan saling tolong-menolong, itu yang kita bangun di masyarakat,”  kata dia. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait