Keren, Siswa SMK Kabupaten Bekasi Ciptakan Aplikasi Nyalain Mobil Cuma Pake Suara Hp

Muhammad Nauval Arra (17) saat mencoba menghidukan mesin mobil dengan aplikasi “Car Contact Voice”
Muhammad Nauval Arra (17) saat mencoba menghidukan mesin mobil dengan aplikasi “Car Contact Voice”

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARAT  – Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mitra Industri Kabupaten Bekasi berhasil menciptakan aplikasi menghidupkan mesin mobil melalui handphone. Dengan cara berbicara pada telepon genggamnya, pemilik mobil sudah bisa memanaskan kendaraannya.

Penemuan ini merupakan hasil kerja keras Muhammad Nauval Arra (17) bersama sejumlah temannya di kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan/Otomotif. Setelah meneliti selama lebih kurang dua bulan, aplikasi yang diberi nama “Car Contact Voice” ini akhirnya berhasil digunakan.

“Awalnya memang kami ingin membuat hal-hal penemuan yang mungkin belum ada tapi mudah digunakan dan sangat dibutuhkan. Akhirnya kami buat ini,” ucap Raffi.

Sebelum membuat aplikasi tersebut, Raffi bersama teman-temannya melakukan riset. Dengan berbagai referensi, mereka sepakat membuat terobosan baru berupa remot mobil yang bisa dioperasikan menggunakan telepon genggam.

“Setelah sepakat, baru kami memulai cari arus-arusnya di dalam mobil, seperti rem, mesin sampai door lock. Ini yang membuat agak susah,” ucap dia.

Berulang kali percobaan dilakukan namun gagal, terutama saat mencoba menyalakan mesin menggunakan gawai. Dengan keseriusan dan keinginan yang kuat, berbagai percobaan itu akhirnya membuahkan hasil.

Aplikasi remot mobil dengan telepon genggam ini berfungsi dengan menghubungkan beberapa perangkat, mulai dari relay, stepdown, ardino sampai mode bluetooth. Dengan penentuan arus yang tepat, aplikasi ini akhirnya bisa berjalan pada Toyota Fortuner 2019.

“Awalnya susah mencari arus pada relay sampai ardino. Akhirnya diakali sampai bisa berfungsi, sampai mobil bisa nyala pakai bluetooth,” ucap dia.

Dengan membangun aplikasi yang dihubungkan dengan perangkat yang terpasang di mobil, car contact voice ini bisa berfungsi. Setidaknya ada dua fungsi yakni membuka dan mengunci pintu serta menyalakan dan mematikan mesin mobil.

Sehingga ketika sedang memainkan telepon genggam, pengendara bisa memanaskan mesin mobilnya. “Jadi manasinnya ga usah masuk mobil, dari hape aja. Jadi pas masuk mobil, sudah bisa langsung berangkat,” kata Raffi. (dim)

Pos terkait