ilustrasi-kemarau-basah-kabupaten-bekasi-cikarang

Kepala BPBD : Kabupaten Bekasi dilanda Kemarau Basah

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Memasuki bulan April sampai Oktober di Indonesia seharusnya sudah memasuki musim kemarau, namun beberapa tahun ini, musim di Indonesia, khususnya di Kabupaten Bekasi tidak bisa diprediksi dengan tepat, sekarang panas beberapa jam kemudian bisa terjadi turun hujan lebat.

Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Aspuri mengatakan bahwa fenomena tersebut dikenal dengan nama Kemarau Basah, dimana intensitas hujan sangat tinggi di musim kemarau.

Pihaknya pun tidak bisa memprediksi kapan fenomena ini berakhir, menyusul belum ada pemberitahuan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BKMG).

“Dampak yang akan dirasakan oleh masyarakat dari fenomena Kemarau Basah ada dua. Yang pertama menyebabkan potensi bencana banjir dan yang kedua kemarau,” kata dia.

Persoalan banjir, sambungnya, berpotensi terjadi di daerah yang dialiri sunga-sungai besar seperti Citarum dan Kali Bekasi.

Sementara bencana kemarau biasanya terjadi di kecamatan yang berada di wilayah selatan Kabupaten Bekasi seperti, Bojongmangu, Cibarusah, Serang Baru, dan Cikarang Pusat.

“Kita sudah tiapkan tim khusus untuk mengantisipasi bencana, termasuk pada saat musim kemarau dimana kita telah menyiapkan 3 unit mobil tanki air yang telah dibeli melalui APBD 2016,” kata dia. (BC)

Baca Juga

Ilustrasi aplikasi android

Kabupaten Bekasi Siapkan Aplikasi Android Tampung Saran dan Keluhan Warga

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten Bekasi berencana meluncurkan aplikasi berbasis android bernama Bebunge. Aplikasi …

Kecelakaan lalu lintas di Jl. Yos Sudarso, Desa Karang Asih, Kecamatan Cikarang Utara, Minggu (07/04) pagi

Januari – Agustus, 32 Orang Tewas Akibat Laka Lantas di Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Tercatat 32 orang tewas akibat kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Bekasi …