Karyawan Perumda Tirta Bhagasasi Solat Istisqa Agar Hujan Segera Turun

Ratusan karyawan Perusahaan Air Minum Daerah (Perumda) Tirta Bhagasasi melaksanakan solat Istisqa berjamaah, Jum'at (29/09) pagi Ibadah ini dilakukan sebagai wujud doa agar segera turun hujan.
Ratusan karyawan Perusahaan Air Minum Daerah (Perumda) Tirta Bhagasasi melaksanakan solat Istisqa berjamaah, Jum'at (29/09) pagi Ibadah ini dilakukan sebagai wujud doa agar segera turun hujan.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  –  Ratusan karyawan Perusahaan Air Minum Daerah (Perumda) Tirta Bhagasasi melaksanakan solat Istisqa berjamaah. Ibadah ini dilakukan sebagai wujud doa agar segera turun hujan.

“Alhamdulillah pagi tadi segenap karyawan Perumda Tirta Bhagasasi baik dari kantor pusat maupun cabang telah melakukan sholat Istisqa berjemaah. Tujuannya melengkapi ikhtiar yang kita lakukan akibat dari musim kekeringan ini,” kata Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Bhagasasi, Usep Rahman Salim, Jum’at (29/09) pagi.

Bacaan Lainnya

BACA: MUI Kabupaten Bekasi Ajak Warga Salat Istisqa

Usep menjelaskan kemarau panjang akibat El Nino memang dirasakan warga Kabupaten Bekasi, termasuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Bekasi yang bergerak di bidang pengolahan air bersih ini. Salah satunya adalah penurunan debit air di Kali Bekasi yang selama ini menjadi sumber air baku.

Zat padat terlarut pada sumber air baku ini sempat tinggi sehingga sempat tidak bisa diolah maupun didistribusikan kepada pelanggan di tiga wilayah Perumda Tirta Bhagasasi yakni Babelan, Pondok Ungu dan Tarumajaya

“Nah kemarin-kemarin air bakunya memang sempat tidak ada dan berdampak ke kami. Tetapi hari ini Alhamdulillah produksi kita sudah 100 persen,” ungkapnya.

Selama proses produksi dan penditribusian air terganggu, pihaknya mengoptimalkan pengantaran air tangki kepada pelanggan yang terdampak. Termasuk masyarakat non pelanggan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi dan instansi lainnya.

“Kita telah melakukan upaya-upaya di lapangan, namun kita tidak lupa juga untuk berikhtiar kepada Allah SWT. Semoga kemarau cepat berlalu dan sumber air baku kembali normal sehingga kami bisa kembali memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat,” ungkapnya.

Usai melaksanakan solat Istisqa berjamaah, acara dilanjutkan dengan apel bersama dalam rangka Hari Jadi ke-42 Perumda Tirta Bhagasasi. Kegiatan ini dipusatkan di lapangan kantor Perumda Tirta Bhagasasi, Jl. Inspeksi Kalimalang, Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat.

Debit Air Kali Bekasi Ditambah

Sebelumnya Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan Pemkab Bekasi sudah meminta bantuan dari BBWS Citarum dan PJT untuk bisa menambah debit air Kali Bekasi dari saluran Tarum Barat (Kalimalang).

“Alhamdulilah, debit airnya sudah ditambah 3500 liter per detik. Kemudian saya juga sudah cek untuk di IPA Babelan kapasitas produksinya sudah 90 persen,” ungkapnya, Kamis (29/09).

Dani menyebutkan, pasokan air kepada pelanggan Perumda Tirta Bhagasasi tergantung pada ketersediaan air baku. Apabila tambahan air dari Tarum Barat bisa dilakukan secara continue maka pasokan air untuk para pelanggan di wilayah Babelan, Pondok Ungu dan Tarumajaya bisa tercukupi.

“Karena itu kami terus berkoordinasi dengan BBWS dan PJT supaya tambahan debit air ini bisa diteruskan sampai berakhirnya kemarau,” kata dia. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait