Kabupaten Bekasi Gunakan Teknologi Drone Basmi Hama Wereng Cokelat

Penyemprotan hama wereng coklat dengan menggunakan drone di lahan pertanian warga di Desa Sukamukti, Kecamatan Bojongmangu.
Penyemprotan hama wereng coklat dengan menggunakan drone di lahan pertanian warga di Desa Sukamukti, Kecamatan Bojongmangu.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pertanian memanfaatkan teknologi drone untuk membantu penyemprotan hama wereng coklat yang menyerang ratusan hektar tanaman padi di Kecamatan Cibarusah dan Bojongmangu.

Kepala Bidang Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Eem Embang Lesmanasari mengatakan, penyemprotan melalui udara dengan menggunakan drone dinilai cukup efektif karena dapat menjangkau area pesawahan yang cukup luas.

“Setelah kami menerima laporan adanya hama wereng di Cibarusah dan Bojongmangu, hari berikutnya kami bersama tim Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) langsung melakukan penyemprotan di dua kecamatan itu dengan  menggunakan drone,” kata Eem, Selasa (19/01).

Selain itu, pemanfaatn teknologi drone ini juga dirasa sangat membantu petani untuk mengefesienkan waktu. Sebab, apabila dikerja dengan menggunakan tenaga manusia diperlukan waktu berhari-hari tetapi dengan menggunakan drone penyemprotan dapat diselesaikan dalam hitungan jam.

“Selain memakai drone, para petani juga melakukan penyemprotan secara manual agar pembasmian hama lebih maksimal,” ujarnya.

Eem menjelaskan, luas tanaman padi yang diserang hama wereng batang coklat (WBC) di Cibarusah sekitar 241 hektar, sementara di Bojongmangu sebanyak 162 hektar.

“Kami berharap dengan adanya penyemprotan ini, hama wereng coklat tidak meluas ke daerah lain. Kita tidak diam, kita terus melakukan upaya bersama para petani untuk membasmi hama wereng ini,” kata dia.

Menurutnya, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi sejauh ini terus melakukan pemantauan dan laporan terakhir menyebutkan populasi hama wereng di dua wilayah tersebut mulai menurun. (***)

Pos terkait