Kabupaten Bekasi Dorong Generasi Muda Ikut Gerakan Koperasi

Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Kabupaten Bekasi, Rabu (11/01).
Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Kabupaten Bekasi, Rabu (11/01).

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mendorong generasi muda agar ikut berpartisipasi dalam gerakan koperasi di Kabupaten Bekasi.

Terlebih saat ini bisnis yang dijalani koperasi sudah tidak lagi konvensional dan terus beradaptasi seiring dengan perkembangan teknologi di era digital.

Bacaan Lainnya

“Di Kabupaten Bekasi itu ada koperasi digital multi pihak, namanya Kinarya Coop. Mereka itu meng-hire anak muda dan semuanya dilakukan serba digital,” kata Dani Ramdan.

“Jadi perekrutan keanggotannya, RAT-nya, iuran bulannya itu dilakukan lewat platform, aplikasi. Anak-anak itu jarang kumpul dan semuanya dilakukan dari rumah tetapi dari situ mereka sudah memproduksi film, membina KUKM dan lain sebagainya,” imbuh dia.

Koperasi yang digagas oleh pelajar serta mahasiswa itu memiliki sejumlah bisnis terintegrasi seperti film & entertainment, pariwisata, agrisbisnis hingga pengolahan sampah modern.

“Saya sebut ini koperasi gaya baru dan mereka sudah mendapat penghargaan dari beberapa kementrian,” ungkapnya.

Dani mengharapkan keberadaan koperasi ini mampu menjadi angin segar bagi perkembangan koperasi di Kabupaten Bekasi sekaligus memantik partisipasi generasi muda lainnya untuk ikut dalam gerakan koperasi di tengah disrupsi milenial.

“Ini menjadi harapan baru  untuk pengembangan koperasi karena yang kita hadapi sekarang ini selain disrupsi pandemi dan disrupsi digital, juga ada disrupsi milenial. Ini fenomena baru dengan gaya hidup yang berbeda dengan kita dan ternyata ada koperasi yang bisa beradaptasi,” kata dia. (dim)

Pos terkait