MAKIN PARAH: Tampak kondisi terkini jalan di depan Jembatan Cipamingkis Cibarusah, Minggu (25/03). Kendaran roda empat kini tak bisa melintasinya.
MAKIN PARAH: Tampak kondisi terkini jalan di depan Jembatan Cipamingkis Cibarusah, Minggu (25/03). Kendaran roda empat kini tak bisa melintasinya.

Jembatan Cipamingkis Cibarusah Ditutup Sementara

BERITACIKARANG.COM, CIBARUSAH – Dalam hitungan hari, retakan di Jembatan Cipamingkis Cibarusah kondisinya semakin mengkhawatirkan. Saat ini, sebagian badan jalan jembatan sudah amblas dan membuat kendaraan roda empat tak bisa melintasinya.

BACA : Perbaikan Jembatan Cipamingkis Cibarusah Dianggarkan Pada APBD Perubahan

Husain, salah seorang warga Kp. Loji, Desa Cibarusah Kota Kecamatan Cibarusah mengatakan badan jalan pada ujung jembatan Cipamingkis Cibarusah saat ini amblasnya kian parah, mecapai hingga setengah badan jalan. “Longsor susulan terjadi saat hujan deras, Jum’at malam,” ucapnya, Minggu (25/03) siang.

Dijelaskan olehnya, Jembatan Cipamingkis Cibarusah merupakan salah satu akses utama warga yang menghubungkan Kecamatan Cibarusah dengan Kecamatan Bojongmangu.

Untuk melakukan aktivitasnya, masyarakat harus melalui jalan alternatif yang terdekat. Yakni memutar ke arah Jembatan Cipamingkis Cibarusah 2 di Kp. Tempuran, Desa Ridomanah. Namun, pintu masuk ke jembatan itu masih sangat kecil sehingga jika ada dua kendaraan yang melintas bersamaan dari arah berlawanan akan kesulitan.

“Kalau mobil jenis sedan ya harus ekstra hati-hati karena akses masuk ke Jembatan Cipamingkis Cibarusah 2 selain jalannya kecil, kondisi jalan sudah rusak parah,” kata dia.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi, Iman Nurgraha menyatakan secepatnya Dinas PUPR akan segera membahas penangangan sementara meskipun berat dengan kondisi kerusakan saat ini. Untuk itu, sambungnya, Dinas PUPR akan mengajukan crash program agar bisa dilakukan sementara.

“Kelihatannya kalau penanganan sementara agar berat karena kondisi rusak yang agak parah. Itu kan sayapnya atau wingballnya sudah retak. Kita akan mengajukan crash program agar bisa dilakukan  penanganan sementara dengan penunjukan langsung,” kata Iman.

Sementara untuk perbaikan permanen, sambungnya, akan dianggarkan dalam APBD Perubahan tahun 2018. “Perbaikan permanen akan dilakukan di ABT (APBD Perubahan-red). Saat ini hanya penanganan sementara,” tuturnya.

Kabid Pengelolaan Jembatan dan Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Heru Pranoto menegaskan April 2018 ini Dinas PUPR akan mengupayakan agar sudah ada perbaikan terhadap jalan dan turap Jembatan Cipamingkis Cibarusah yang amblas itu.

“Kami akan laporkan secara terperinci kondisi yang sebenarnya. Agar nantinya ada tindakan untuk perbaikannya. Karena ini membahayakan bagi pengguna jalan. Untuk sementara Jembatan Cipamingkis ditutup. Tentu saja kita koordinasikan dengan Muspika dan Polsek Cibarusah,” kata dia.

Kapolsek Cibarusah, AKP Agus Marwoto menuturkan, amblasnya jalan dan turap Jembatan Cipamingkis ini tentunya tidak diharapkan siapapun, termasuk masyarakat Cibarusah. Yang penting bagi pengguna jalan harus berhati-hati.

Bahkan pihaknya sudah memasang police line, dan jalan ke arah jembatan telah diportal atau dijaga. “Kami pantau terus kondisi jembatan ini. Bagi masyarakat juga sudah diimbau agar jangan mendekati jalan dan turap yang amblas, apalagi untuk swafoto,” kata dia. (BC)

Baca Juga

Rentas amblas: Sejumlah pengendara saat melintasi jalan penyambung jembatan yang amblas dan belum tuntas diperbaiki, Kamis (23/01) kemarin.

Kecamatan Cibarusah Usulkan Perbaikan Jembatan Cipamingkis

BERITACIKARANG.COM, CIBARUSAH – Kondisi Jembatan Cipamingkis dinilai sudah sangat membahayakan. Camat Cibarusah, Muhammad Kuneafi mengusulkan …

Ilustrasi

Hendak Bertransaksi, Dua Pengedar Sabu Diringkus di Tambelang dan Cibarusah

BERITACIKARANG.COM, TAMBELANG – Dua orang pengedar sabu ditangkap saat hendak bertansaksi narkoba di wilayah Kecamatan …