Proses Verifikasi faktual hari kedua, dilakukan oleh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) didampingi 2 orang Liaison Officer (LO) dari dua pasang kandidat dari jalur perseorangan serta satu PPL, Kamis (25/08).
Proses verifikasi faktual

Hari ke-2 Verifikasi Faktual, Obama: Sejauh Ini Relatif Kondusif

BERITACIKARANG.COM, CIBITUNG – Pelaksanaan verifikasi faktual syarat dukungan calon independent Pemilihan Bupati Bekasi dan Wakil Bupati Bekasi tahun 2017 telah memasuki hari ke-2, Kamis (25/08). Tim pasangan independen Obon Tabroni – Bambang Sumaryono (Obama) mengatakan bahwa pelaksanaan verifikasi faktual sejauh ini relatif kondusif.

“Sejauh ini bisa dibilang masih kondusif. Belum ada permasalahan yang serius,” kata Suparno, Ketua Tim Hukum Obama.

Ada pun, lanjut Suparno, beberapa permasalahan yang muncul dalam dua hari ini diantaranya adalah sinkronisasi jadwal antara PPS dan relawan tim pendamping. Dimana, Obama menurunkan lebih dari 1.500 relawan untuk menjadi tim pendamping yang tersebar di seluruh desa di Kabupaten Bekasi.

“Ada yang PPS-nya sempat jalan sendiri melakukan verifikasi faktual tanpa berkoordinasi dengan tim pendamping kita. Padahal itu sudah menjadi ketentuan yang harus dijalankan PPS,” terangnya.

Selain itu, Suparno menambahkan, ada juga yang baru mulai hari ini melaksanakan verifikasi faktual. “Harusnya kan kemarin (24/8) itu sudah mulai. Padahal relawan pendamping kita sudah siap semua standby di kantor PPS dari kemarin,” tambahnya.

Namun persoalan-persoalan itu dikatakan Suparno sudah dikomunikasikan dengan pihak KPU untuk ditindaklanjuti. “Sudah beres tadi. KPU turun untuk menyelesaikan persoalan ini. Kita apresiasi langkah cepat KPU dalam hal ini,” kata Suparno.

Sementara itu Sukoco, Ketua Tim Pendamping Obama, mengatakan bahwa hasil verifikasi faktual sejauh ini cukup menggembirakan. Dimana dari berita acara yang sudah masuk dalam 2 hari ini, 98 persen syarat dukungan yang diverifikasi hasilnya memenuhi syarat.

“Sejauh ini lebih dari 98% yang memenuhi syarat. Jadi hanya ada sekitar 2 persen yang gagal. Itu diantaranya karena warga pendukung sudah meninggal dan masalah lainnya,” katanya.

Melihat data itu, Sukoco mengatakan pihaknya sangat optimis bahwa Obama akan lolos dalam verifikasi faktual ini. “Ya melihat data itu, kita optimis banget akan lolos,” tegas Sukoco. (*)

Baca Juga

obon - bambang

Penolakan Revisi UU Ketenagakerjaan Terus Bergulir, Obon Tabroni: 85 Juta Buruh Formal Bakal Terdampak

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Rencana pemerintah untuk merevisi Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan …

Salah seorang pekerja berjalan keluar dari pabrik di Kawasan Industri Jababeka II, Desa Pasirsari, Kecamatan Cikarang Selatan.

Obon Tabroni Minta Revisi UU Ketenagakerjaan Ditunda

BERITACIKARANG.COM, CIBITUNG – Deputi Presiden FSPMI yang juga Vice Presiden KSPI Obon Tabroni meminta usulan …