Proses Verifikasi faktual hari kedua, dilakukan oleh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) didampingi 2 orang Liaison Officer (LO) dari dua pasang kandidat dari jalur perseorangan serta satu PPL, Kamis (25/08).
Proses verifikasi faktual

Hari ke-2 Verifikasi Faktual, Obama: Sejauh Ini Relatif Kondusif

BERITACIKARANG.COM, CIBITUNG – Pelaksanaan verifikasi faktual syarat dukungan calon independent Pemilihan Bupati Bekasi dan Wakil Bupati Bekasi tahun 2017 telah memasuki hari ke-2, Kamis (25/08). Tim pasangan independen Obon Tabroni – Bambang Sumaryono (Obama) mengatakan bahwa pelaksanaan verifikasi faktual sejauh ini relatif kondusif.

“Sejauh ini bisa dibilang masih kondusif. Belum ada permasalahan yang serius,” kata Suparno, Ketua Tim Hukum Obama.

Ada pun, lanjut Suparno, beberapa permasalahan yang muncul dalam dua hari ini diantaranya adalah sinkronisasi jadwal antara PPS dan relawan tim pendamping. Dimana, Obama menurunkan lebih dari 1.500 relawan untuk menjadi tim pendamping yang tersebar di seluruh desa di Kabupaten Bekasi.

“Ada yang PPS-nya sempat jalan sendiri melakukan verifikasi faktual tanpa berkoordinasi dengan tim pendamping kita. Padahal itu sudah menjadi ketentuan yang harus dijalankan PPS,” terangnya.

Selain itu, Suparno menambahkan, ada juga yang baru mulai hari ini melaksanakan verifikasi faktual. “Harusnya kan kemarin (24/8) itu sudah mulai. Padahal relawan pendamping kita sudah siap semua standby di kantor PPS dari kemarin,” tambahnya.

Namun persoalan-persoalan itu dikatakan Suparno sudah dikomunikasikan dengan pihak KPU untuk ditindaklanjuti. “Sudah beres tadi. KPU turun untuk menyelesaikan persoalan ini. Kita apresiasi langkah cepat KPU dalam hal ini,” kata Suparno.

Sementara itu Sukoco, Ketua Tim Pendamping Obama, mengatakan bahwa hasil verifikasi faktual sejauh ini cukup menggembirakan. Dimana dari berita acara yang sudah masuk dalam 2 hari ini, 98 persen syarat dukungan yang diverifikasi hasilnya memenuhi syarat.

“Sejauh ini lebih dari 98% yang memenuhi syarat. Jadi hanya ada sekitar 2 persen yang gagal. Itu diantaranya karena warga pendukung sudah meninggal dan masalah lainnya,” katanya.

Melihat data itu, Sukoco mengatakan pihaknya sangat optimis bahwa Obama akan lolos dalam verifikasi faktual ini. “Ya melihat data itu, kita optimis banget akan lolos,” tegas Sukoco. (*)

Baca Juga

Anggota DPR RI Obon Tabroni mengunjungi tanggul irigasi SS Bulak Mangga yang sedang dalam tahap perbaikan di Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung.

Perbaikan Tanggul SS Bulak Mangga, Obon Minta PJT II Gerak Cepat

BERITACIKARANG.COM, CIBITUNG –Pasca diperbaiki oleh Perum Jasa Tirta (PJT) II, tanggul irigasi “SS Bulak Mangga” di Desa …

Obon Tabroni saat merangkul perwakilan relawannya di 23 kecamatan pada acara 'Silaturahmi Sobat Obon' di Taman Limo, Desa Jatiwangi, Kecamatan Cikarang Barat, Sabtu (05/10).

Temu Relawan, Obon Tegaskan Pentingnya Kebersamaan dan Kerja Keras

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARATA – Jalan politik yang ditempuh relawan Obon Tabroni, atau yang biasa disebut …