Kondisi air di titik tanggul sungai Citarum yang jebol di Kp. Babakan Banten, Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran berangsur surut, Selasa (23/02).
Kondisi air di titik tanggul sungai Citarum yang jebol di Kp. Babakan Banten, Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran berangsur surut, Selasa (23/02).

Empat Rumah di Pebayuran Roboh Tergerus Arus Banjir

BERITACIKARANG.COM, PEBAYURAN  – Tanggul Sungai Citarum di Kp. Babakan Banten, Desa Sumber Urip, Kecamatan Pebayuran jebol pada Minggu (21/02) dini hari.

Camat Pebayuran, Hanif mengatakan akibat kejadian ini sedikitnya ada empat rumah warga yang roboh. Selain itu terdapat fasilitas umum seperti tempat ibadah dan sekolah yang rusak.

“Ada empat rumah roboh dan banyak bangunan gedung sekolah yang rusak,”tuturnya, Selasa (23/02).

Beradasarkan laporan terakhir yang diterimanya, kondisi air yang berangsung surut membuat warga sudah mulai kembali kerumah masing-masing.

“Kalau posko pengungsian total ada 17 titik, yang memungkinkan membuka dapur umum di 10 titik,” ujarnya.

Hanif mengatakan akibat kejadian ini terdapat sekitar 18.646 warga yang terdampak. Mereka tersebar sedikitnya di 6 desa.

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja memastikan bantuan logistik bagi warga yang terdampak terus berjalan melalui BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Bekasi.

“Alhamdulillah berkat bantuan TNI/Polri dan para relawan, penyaluran bantuan lebih lancar dengan menggunakan mobil besar dan menggunakan perahu karet,” kata dia.

Pemerintah Kabupaten Bekasi, sambung Eka, terus berkoordinasi dengan intansi terkait, termasuk Pemerintah Provinsi dan Pusat agar musibah ini dapat segera ditanggulangi.

“Prioritas sekarang bagaimana menyelamatkan warga dari bencana ini, dengan evakuasi dan mencukupi kebutuhan pokoknya. Untuk perbaikan tanggul kita menunggu air surut dan akan kita upayakan membuat tanggul secara permanen yang lebih kuat,” ujarnya. (BC)

Baca Juga

Pemkab Bekasi Bangun Rumah yang Ambruk Diterjang Banjir Citarum

BERITACIKARANG.COM, PEBAYURAN  – Pemerintah mulai melakukan pembangunan rumah warga yang ambruk diterjang banjir akibat jebolnya …

Kondisi tanggul darurat yang amblas di Kp. Babakan Banten, Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran, Jum'at (12/03).

Tanggul Darurat Sungai Citarum di Pebayuran Amblas 60 Sentimeter

BERITACIKARANG.COM, PEBAYURAN  – Pasca jebolnya tanggul Sungai Citarum di Kp. Babakan Banten, Desa Sumberurip, Kecamatan …