buruh-bupati
buruh-bupati

Duh! Bupati Buka Luka Lama Kawan-Kawan Buruh

BERITACIKARANG.COM, CIBITUNG – Menyikapi kehadiran Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin yang menemui buruh dan menaiki Mobkom alias Mobil Komando saat kantornya digeruduk sekitar 2000 orang buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Kamis (20/10) kemarin, Bakal Calon Bupati dari jalur independen, Obon Tabroni mengapresiasi keinginan Bupati untuk menemui buruh.

BACA : Tolak PP 78, Ribuan Buruh Geruduk Gedung Bupati

“Akhirnya inget juga sama kaum buruh,” kata Bang Obon, panggilan akrab Obon Tabroni sambil tertawa, Jum’at (21/10).

Disinggung tentang adanya indikasi pencitraan Neneng jelang Pilkada, pria asal Pebayuran itu mengatakan bahwa setiap kandidat berhak memiliki strategi untuk merebut hati  konstituen. “Itu haknya. Tetapi menurut saya, apa yang dilakukan Bupati kemarin justru membuka lama kawan-kawan buruh,”  ucapnya.

“Saya rasa kawan-kawan buruh masih hangat ingatannya dengan berbagai peristiwa tragis. Apalagi peristiwa tahun 2013. Saya gak perlu jelasin peristiwanya, tapi kawan-kawan buruh pasti masih merasakannya. Kawan-kawan juga pasti bisa menghitung. Selama menjabat, penahkah Bupati hadir dalam persoalan kaum buruh?” tanyanya.

BACA : Kehadiran Bupati di tengah Demo Bernuansa Politis?

Diberitakan sebelumnya, dalam aksi unjukrasa di gedung kantor Bupati, ribuan buruh KSPSI tersebut selain meminta adanya Upah Minimun Sektoral, juga mendesak agar Pemerintah Daerah dalam penetapan UMK tahun 2017 mengabaikan PP No 78 Tahun 2015 tentang pengupahan dan mengacu kembali kepada UU No 13 Tahun 2013 tentang ketenagakerjaan.

Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin yang dijadwalkan akan menghadiri kegiatan di SMK Negeri 2 Cikarang Barat mendadak membatalkan agendanya dan memutuskan untuk menemui ribuan buruh.

“Terkait pengupahan sudah oke. Dalam rangka mewujudkan kehidupan pekerja yang layak, saya menyetujui bahwa penetapan UMK dan UMSK (sektoral) akan tetap mengacu pada Undang-undang Ketenagakerjaan. Segala keperluannya tinggal diurus melalui Dinas Ketenagakerjaan,” kata Neneng saat berada di atas mobil komando. (BC)

Baca Juga

Pertemuan Bupati Bekasi dengan Kepala Sekolah TK, PAUD, Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama yang digelar secara virtual di Gedung Diskominfo Kabupaten Bekasi, Selasa (21/07).

Bupati Bekasi Cek Persiapan KBM Tatap Muka di Sekolah

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja melakukan pertemuan dengan Kepala Sekolah TK, …

Aksi unjuk rasa Aliansi Buruh Bekasi Melawan di Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi, Selasa (23/06).

Terapkan Protokol Kesehatan, Ribuan Buruh Unjuk Rasa Terkait UMSK 2020

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Ribuan buruh di Kabupaten Bekasi yang mengatasnamakan Aliansi Buruh Bekasi Melawan …