Kartu Identitas Anak
Kartu Identitas Anak

Asyik, Punya Kartu Identitas Anak di Kabupaten Bekasi Bakal Dapat Diskon Masuk Tempat Rekreasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Kartu Identitas Anak (KIA) ternyata bukan hanya akan berfungsi untuk memudahkan pendataan identitas anak. Di Kabupaten Bekasi, KIA rencananya juga bisa digunakan untuk mendapatkan potongan harga atau diskon saat masuk ke tempat rekreasi.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bekasi, Ali Syahbana membenarkan hal itu. Oleh karenanya, dalam waktu dekat pihaknya berencana untuk menggandeng pihak swasta selaku pengelola tempat rekreasi yang ada di Kabupaten Bekasi guna menjalin kerjasama terkait hal tersebut.

“Jadi nanti jika anak itu sudah memiliki KIA, saat dia hendak liburan misal ingin berenang itu bakal ada diskonnya. Jadi tinggal menunjukkan KIA saja,” kata Ali Syahbana, Jum’at (28/12).

Rencana itu, diakui Ali, belum bisa direalisasikan tahun ini. Sebab, KIA baru akan digelontorkan pihak Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) di tahun 2019 nanti.”Tahun depan, KIA akan langsung diberikan dan akan digelontorkan sebanyak 95 ribu kartu,” ucapnya.

Sementara itu sejak Agustus 2018 lalu, Ali mengatakan sudah ada sekitar 15 ribu siswa Sekolah Dasar (SD) yang melakukan perekaman. “Dari catatan saya, sudah ada sekitar 15 ribu anak yang sudah melakukan perekaman KIA,”  kata dia.

Menurut Ali, KIA sangat bermanfaat dan berguna sekali buat masyarakat serta mempermudahkan pemerintah mendata dari awal warganya.  “Jadi kayak semacam KTP kecil dan untuk kedepannya itu bisa memudahkan proses perekaman e-KTP,” singkatnya. (BC)

Baca Juga

Sekda Kabupaten Bekasi, Uju saat melantik enam pejabat fungsional Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Daerah (P2UPD) dan pejabat fungsional auditor Kabupaten Bekasi di Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi, Desa Sukamahi, Cikarang Pusat, Jum'at (22/03). | Foto: Humas Pemkab Bekasi

Sekda Kabupaten Bekasi Lantik 6 Pejabat Fungsional Pengawas

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Uju melantik enam pejabat fungsional Pengawas Penyelenggaraan …

Plt Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja saat membuka RKPD Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten di salah satu hotel di Kawasan Jababeka I, Kamis (21/03) pagi | Foto: Humas Pemkab Bekasi.

Musrenbang RKPD Kabupaten Bekasi 2020, Plt Bupati: Harus Tetap Tentukan Skala Prioritas

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menggelar  Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tingkat …