ferdinand bawaslu ri
ferdinand bawaslu ri

Angka Pengangguran Tinggi, Kabupaten Bekasi Rentan Money Politik

BERITACIKARANG.COM, BANDUNG – Kabupaten Bekasi menjadi menjadi salah satu daerah yang rentan timbulnya pelanggaran money politik (politik uang) dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2017. Hal itu disebabkan masih tingginya akan pengangguran serta rendahnya pendidikan masyarakat.

“Dalam indeks kerawanan Pemilu kan memang mengatakan seperti itu. Kemungkinan daerah yang angka penganggurannya tinggi, tingkat pendidikannya buruk, kebetulan angka kejahatannya juga tinggi termasuk daerah yang rawan (terjadi money politik-red),” kata Kepala Biro Hukum, Humas dan Pengawasan Internal Bawaslu RI, Ferdinand Eskol Tiar Sirait saat ditemui dalam acara sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipastif Pilkada 2017 bagi Media Massa di salah satu hotel di Kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat beberapa waktu lalu.

“Nah kalau daerah yang tingkat kesejahtraannya baik, tingkat pendidikannya juga baik bisa jadi money politik tidak penting dilakukan karena masyarakatnya sampai ketingkat bawah itu mengerti dan bisa langsung melaporkan ke Panwas bila melihat terjadinya money politik,” imbuhnya.

Menurutnya, money politik adalah sebuah kecurangan dan salah satu langkah yang harus diupayakan adalah dengan menghimbau agar masyarakat tidak menggadaikan suaranya dengan uang yang diterima baik dari pasangan calon, tim sukses maupun relawan.

Baca Juga

Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Masih Berlangsung di KPU Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, KEDUNGWARINGIN – Rapat pleno terbuka, rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara untuk Calon Bupati …

ahmad dhani blusukan

Ahmad Dhani Gagal Dongkrak Perolehan Suara Pasangan SAH?

BERITACIKARANG.COM, CIBARUSAH – Kemunculan musisi nasional Ahmad Dhani sebagai pendamping Sa’duddin di Pilkada Kabupaten Bekasi …