Ilustrasi angpao imlek
Ilustrasi angpao imlek

7 Cara Cepat Kaya dengan Memanfaatkan Angpao Imlek

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Tahun baru Imlek merupakan salah satu momen perayaan yang paling ditunggu-tunggu masyarakat Tionghoa setiap tahun. Mendekati tahun baru Imlek, biasanya di sejumlah pusat perbelanjaan maupun tempat makan penuh dengan pernak-pernik Imlek. Selain pernak-pernik, Imlek juga erat kaitannya dengan angpao.

Nah, jika Anda termasuk yang akan menerima angpao tentu merasa senang karena bisa mendapat uang tambahan di luar penghasilan. Meskipun jumlah uang yang diterima belum tentu sebesar penghasilan rutin, namun berapapun besarnya dapat Anda gunakan untuk memuluskan finansial. Agar bisa dimanfaatkan secara maksimal, coba simak beberapa cara bijak memanfaatkan Angpao Imlek berikut ini:

1. Persiapan Tabungan Dana Darurat

Jika Anda belum mempunyai tabungan dana darurat sebaiknya mulai untuk membuatnya dari sekarang. Setidaknya, Anda bisa menggunakan angpao Imlek untuk ditabung sebagai titik awal untuk memulainya. Besarnya ideal tabungan darurat sendiri adalah 6 hingga 12 kali biaya bulanan. “Anda bisa menyisakan penghasilan bulanan secara rutin untuk membentuk dana darurat. Idealnya kisaran 10% hingga 20%.”

2. Bayar Hutang

Membayar lunas hutang yang masih dimiliki juga menjadi hal utama yang harus Anda lakukan. Entah sekedar hutang berupa pinjaman ke teman ataupun hutang lain yang lebih besar, Anda bisa menggunakan angpao Imlek Anda untuk mempercepat pelunasannya. “Hutang yang lunas akan membebaskan Anda dari beban bunga dan kewajiban finansial lainnya. Oleh karena itu, segera lunasi hutang Anda agar cepat menjadi kaya.”

3. Renovasi dan Reparasi

Apakah saat ini di tempat tinggal Anda kebetulan ada perabotan tertentu yang rusak? Atau mungkin, handphone Anda bermasalah dan tidak ada uang tambahan untuk mereparasinya?

BACA: Tidak Perlu Mahal, Ini Cara Mudah dan Murah Mempercantik Desain Interior Rumah

Nah, dalam kondisi seperti ini Anda bisa memanfaatkan uang angpao Imlek untuk melakukan renovasi atau reparasi. “Semakin Anda menunda perbaikan, maka resiko barang-barang tersebut semakin rusak di kemudian hari semakin tinggi. Untuk menghindari biaya yang lebih besar segera lakukan perbaikan.”

4. Donasi

Selain untuk diri sendiri, Anda juga bisa menggunakan angpao untuk peduli kepada orang lain dengan melakukan donasi. Hal ini tentu akan membuat Anda kaya pahala jika mau membantu mereka yang membutuhkan. Jika ingin berdonasi, pastinya Anda perlu pertimbangan yang masak mengenai siapa yang bisa Anda bantu. Anda bisa mulai dari membantu saudara yang sedang kesulitan. Atau, menyalurkannya lewat lembaga amal yang resmi.

5. Ikut Kursus

Meskipun jumlahnya tidak seberapa dengan ditambah sedikit tabungan Anda bisa menggunakan uang dari angpao Imlek untuk mengasah keahlian. Misalnya, untuk mengikuti kursus desain grafis atau memasak. Kedepannya, keahlian tersebut juga bisa Anda gunakan untuk menerapkan hidup hemat misalnya untuk seperti memasak bekal sendiri atau desain kartu undangan sendiri. Bahkan keahlian tak hanya bisa untuk berhemat, beberapa keahlian juga bisa Anda gunakan sebagai sumber penghasilan. Lumayan kan jika Anda bisa memasak untuk dijual atau jasa katering?”

6. Mulai Berinvestasi

Jika Anda belum mempunyai produk investasi apapun, Imlek menjadi salah satu momen yang tepat untuk memulainya. Selain berguna untuk masa depan investasi juga membantu menjaga kestabilan kondisi finansial Anda. Anda bisa memilih produk investasi yang sesuai dengan karakter. Anda ada berbagai produk investasi sederhana yang bisa Anda pilih seperti saham, reksadana, emas, atau sekedar ikut arisan.”

7. Modal Bisnis Sampingan

Buat Anda yang memang sudah lama berkeinginan untuk memulai usaha sendiri, uang angpao saat Imlek juga bisa digunakan sebagai tambahan modal untuk memulai bisnis kecil-kecilan. Berbagai usaha yang bisa dimulai dengan modal kecil sendiri ada banyak, misalnya menjual kue buatan tangan. Sedangkan jika ingin membeli pernak-pernik Imlek, Anda bisa melakukan pembelian melalui Bukalapak. (BC/***)

Baca Juga

Bukalapak Sebagai Marketplace Terpercaya untuk Koleksi Hp Pavilion Terbaik

Simak Spesifikasi dan Harga Laptop HP Pavilion X360 Series Terbaru

Hp Pavilion merupakan salah satu series laptop yang dikeluarkan oleh produsen terkenal yang bernama Hp. …

Apel pengamanan malam imlek oleh jajaran kepolisian di klenteng Tek Seng Bio, Senin (04/02) malam.

Malam Imlek di Cikarang, Puluhan Polisi Jaga Klenteng Tek Seng Bio

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Di malam puncak perayaan tahun baru Imlek, puluhan personil kepolisian dikerahkan …