panwaslu kabupaten bekasi rapat
panwaslu kabupaten bekasi rapat

TPS di Lokasi Petahana Tinggal Rentan Terjadi Politik Uang?

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Berdasarkan data Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bekasi dari 929 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang rawan terjadinya kecurangan, 395 diantaranya diklasifikasikan sebagai TPS yang rentan terjadi money politik (politik uang).

“Memang yang terbanyak itu money politic, itu mencapai 40 persen dari seluruh TPS yang kami indikasikan rawan pelanggaran,” kata Ketua Panwaslu Kabupaten Bekasi, Akbar Khadafi.

Dari hasil pemetaan tersebut, mayoritas TPS rawan politik uang berada di empat kecamatan yaitu Cibarusah, Serangbaru, Cikarang Selatan dan Cikarang Utara.

Indikator tingginya kerawanan itu, kata dia, salah satunya disebabkan banyaknya tim sukses pasangan calon yang berdomisili di empat kecamatan itu.

“Di empat kecamatan itu banyak timses, anggota kampanye, anggota partai dan anggota dewan berdomisili di sana, termasuk tempat domisili petahana dan pasangan calon lainnya seperti Cikarang Timur dan Pebayuran,” kata Akbar.

Selain karena basis massa, sambungnya, politik uang pun disinyalir terjadi di daerah dengan angka partisipasi rendah.

“Yaitu lokasi dimana warga setempat tidak antusias dan hanya mau memilih apabila ada uang jengkolnya,” ujar dia. (BC)

Baca Juga

salah seorang pengguna jalan saat melintasi lokasi TPS dadakan di Jl. Gatot Subroto, Desa Karang Raharja Kecamatan Cikarang Utara, Minggu (07/10).

TPS Dadakan Marak di Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Minimnya kapasitas pengangkut sampah dan daya tampung di Tempat Pembuangan Akhir …

Tumpukan Kotak Suara di Kantor KPU Kabupaten Bekasi.

Pemilu 2019 Jumlah TPS di Kabupaten Bekasi ‘Bengkak’ Jadi 7.756 TPS

BERITACIKARANG.COM, KEDUNGWARINGIN –  Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk pemilihan umum (Pemilu) 2019 di Kabupaten Bekasi …

error: