Tim Biawak saat mendorong tumpukan sampah di Kali Busa sebelum diangkut oleh alat berat, Jum'at (10/09) pagi.
Tim Biawak saat mendorong tumpukan sampah di Kali Busa sebelum diangkut oleh alat berat, Jum'at (10/09) pagi.

Tim Biawak Angkut 50 Ton Sampah di Kali Busa

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN UTARA  – Hamparan sampah di Kali Busa, Desa Satria Mekar, Tambun Utara akhirnya diangkut oleh Tim Biawak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi.

Kepala UPTD Pengelolaan Sampah Wilayah 2 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Sumardi mengatakan  ada sebanyak 30 personel Tim Biawak yang dikerahkan untuk mengangkut sampah secara manual.

Mereka juga mendorong sampah ke titik tepat di dekat jembatan agar mudah diangkut alat berat.

“Karena ini pakai backhoe long arm, jadi harus didorong dulu ke dekat jembatan. Soalnya tanah di pinggir kali rapuh dan tangan alar berat tidak menjangkau ke semua lokasi,” kata Sumardi, Jum’at (10/09).

Diperkirakan pengangkutan dilakukan selama 3 hari. Sampah yang didominasi limbah rumah tangga dan kayu tersebut akan dibawa ke TPA Burangkeng.

“Sepertinya ini 50 ton, sampah yang numpuk di sepanjang 200 meter Kali Busa,” kata dia.

Kepala Bidang Kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Khaerul Hamid mengatakan berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam menjaga kebersihan.

Masih terlihatnya sampah yang dibuang sembarangan di beberapa tempat, seperti sungai/kali pihaknya meminta kesadaran masyarakat untuk menghentikan hal tersebut. Selain menganggu kenyamanan dan keindahan, sampah di aliran sungai/kali juga berpotensu menimbulkan banjir.

“Kita harus  semakin sadar betapa beratnya tugas untuk menjaga lingkungan yang bersih dan indah ini, jika hanya pemerintah  melalui dinas lingkungan hidup saja pasti akan sulit mencapai daerah bebas sampah. perlu kesadaran kita semua,” ujarnya. (BC)