Proses normalisasi Situ Rawa Binong, Rabu (12/07) sore. (Foto ; Andalusi Son Makarim)
Proses normalisasi Situ Rawa Binong, Rabu (12/07) sore. (Foto ; Andalusi Son Makarim)

Situ Rawa Binong dan Situ Cibereum Akan direvitalisasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi berencana untuk merevitalisasi Situ Rawa Binong dan Situ Cibereum. Kedua Situ itu berada di Kecamatan Cikarang Pusat dan Tambun Selatan.

Wakil Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja mengatakan dengan direvitalisasi, kedua situ itu dapat dijadikan sebagai tempat pariwisata atau rekreasi air dan pengembangan kebudayaan lokal.

“Khusus untuk Situ Rawa Binong, setiap tahunnya memang terdapat acara yang menonjolkan unsur budaya lokal, yakni Sedekah Bumi,” kata Eka Supriatmaja.

Untuk  proses revitalisasi, kata Eka, akan dikordinasikan dengan instansi dan SKPD terkait mengingat ada bagian Situ yang harus dirubah untuk menambah estetika.

Ia mengakui keberadaan kedua Situ tersebut hingga kini belum bisa dimanfaatkan oleh pemerintah daerah mengingat pengelolaannya masih dilakukan oleh masyarakat setempat.

“Nantinya Dinas Pariwisata yang akan melakukan pengelolaan dengan membentuk semacam UPTD  Pengelolaan Tempat Pariwisata,” tandasnya. (BC)

Baca Juga

Situ Cibeureum

Situ Cibeureum Diproyeksikan Jadi Destinasi Wisata

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN SELATAN  – Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat menijau Situ Cibereum yang ada …

Dewan Dorong Pemkab Bekasi Perkuat Infrastruktur Pariwisata

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Anggota DPRD Kabupaten Bekasi dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Budiyanto menilai …