Anggota Korps Musik Kabupaten Bekasi sekaligus karyawan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) saat memainkan alat musik di Lapangan Plaza Pemda Kabupaten Bekasi.
Anggota Korps Musik Kabupaten Bekasi sekaligus karyawan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) saat memainkan alat musik di Lapangan Plaza Pemda Kabupaten Bekasi.

Selain Jago Memadamkan Api, Damkar Kabupaten Bekasi Juga Mahir Bermain Musik

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Selain jago memadamkan api, ternyata karyawan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bekasi juga mahir memainkan alat musik. Hal itu terlihat saat mereka yang tergabung dalam Korps Musik (Korsik) Kabupaten Bekasi dengan gagahnya mengiringi lagu Indonesia Raya saat penaikan Sang Saka Merah Putih di acara peringatan HUT ke 66 Kabupaten Bekasi, Senin (15/08).

Warsono (57) Kepala Seksi Pemeliharaan Damkar Kabupaten Bekasi sekaligus Ketua Korsik Kabupaten Bekasi, menjelaskan bahwa Korsik dibentuk pada Pemerintahan Daerah Kabupaten Bekasi saat dipimpin Bupati H. Abdul Fatah, tepatnya pada tahun 1978 lalu.

Saat itu, kata Warsono, Bupati Abdul Fatah ingin Kabupaten Bekasi memiliki Korps Musik dan merekrut sebagian besar anggotanya dari Komplek Koprs Musik Kodam V Jaya di Kalideres, Jakarta Barat.

“Kemudian pada tahun 1979 Kabupaten Bekasi mendapatkan bantuan satu unit mobil Pemadam Kebakaran dari Depdagri. Karena Korps Musik tugasnya tidak setiap hari Pak Bupati meminta mereka menjadi anggota Pemadam Kebakaran. Hingga sampai sekarang ada petugas pemadam kebakaran yang merangkap anggota Korps Musik,” kata dia.

Meskipun begitu, tidak semua karyawan Damkar terlibat dalam Korsik Kabupaten Bekasi. “Tidak semuanya yang masuk Damkar  masuk ke Korps Musik. Kita hanya ambil yang  punya basic, talenta musik. Kalau tidak punya itu ya tidak kita terima,” kata Warsono.

Uniknya, kata dia, ketika Korsik sedang bertugas dan mendadak ada kebakaran pihaknya tetap mempriorotaskan Korsik. Pasalnya jumlah petugas Damkar saat ini sudah mencukupi. “Ya tidak apa-apa sekarang kan petugasnya sudah banyak dan ada petugas jaganya juga sehingga tidak akan mengganggu kegiatan Korsik,” kata dia.

Korsik Kabupaten Bekasi, kata Warsono, dalam setiap pekan berlatih di Kantor Damkar Kabupaten Bekasi tepatnya pada hari Rabu dan Jum’at. Selain rutin mengisi di acara HUT Kabupaten Bekasi, setiap tahunnya minimal ada 40 kegiatan yang diikuti Korps Musik Kabupaten Bekasi diantarnya Hari Pendidikan Nasional, Hari Kebangkitan Nasional, Hari Olahraga Nasional, Hari Pramuka, HUT Korpri, dll.  (BC)

Baca Juga

Proses pendinginan yang dilakukan petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Kamis (13/06) malam.

Gudang Palet di Cikarang Timur Terbakar, 14 Unit Damkar Dikerahkan

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG TIMUR – Sedikitnya 10 bangunan semi permanen yang dijadikan gudang penyimpanan palet di …

Ilustrasi Kebakaran

Pemkab Bekasi Imbau Masyarakat Antipasi Resiko Kebakaran Saat Mudik

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) menghimbau masyarakat yang …