Sejumlah warga di Kp. Blok I RT 02/06 Desa Simpangan, Kecamatan Cikarang Utara tampak antusias memasang bendera merah putih plastik untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI.
Sejumlah warga di Kp. Blok I RT 02/06 Desa Simpangan, Kecamatan Cikarang Utara tampak antusias memasang bendera merah putih plastik untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI.

PPM Himbau Masyarakat Pasang Bendera Merah Putih

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Bekasi menuntut kesadaran masyarakat untuk memasang bendera merah putih, menjelang HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-71 Tahun, tanpa menunggu imbauan dari pemerintah Kabupaten Bekasi. Hal tersebut dikatakan, Ketua PPM Kabupaten Bekasi, Jonly Nahampun.

“Anggap saja itu sebuah kewajiban bukan lagi menunggu imbauan, dan dari sekecil (memasang bendera, red) ini sebagai bentuk kita sudah merdeka,” kata Jonly.

Jonly mengatakan, memasang bendera merupakan salah satu bentuk nasionalisme dan tolak ukur sejauh mana seseorang menghormati dan menghargai bangsanya. Apalagi, memasang bendera merah putih menghargai jasa pahlawan dalam merebut kemerdekaan dan meningkatkan rasa nasionalisme.

“Bicara tentang bendera, dulu pahlawan kita untuk bisa memasangnya saja butuh perjuangan setengah mati hingga mengorbankan nyawa. Masa sekarang memasang (bendera-red) di depan rumah saja tidak bisa,” ucapnya

Lanjut Jonly mengatakan, Bendera Merah Putih merupakan identitas bangsa. Sebagai warga negara, seharusnya bangga menggunakan identitas negara dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi masa sekarang, ujar Jonly, warga negara mulai mengalami krisis identitas. Dikarenakan, banyak ditemui paham atau ajaran dari luar yang diadopsi tanpa mempertimbangkan baik-buruknya.

“Intinya, saya kira ini bukan soal momentum (hari kemerdekaan, red), tapi sangat wajar kita sebagai warga bangsa mempunyai rasa bangga terhadap negara kita. Nah ekspresinya bagaimana kita memperingati hari bersejarah ini, salah satu bentuknya dengan memasang bendera,” pungkasnya. (*)

Baca Juga

Kendaraan Tempur Meriahkan Pawai Kemerdekaan di Kecamatan Setu

BERITACIKARANG.COM, SETU – Kreativitas masyarakat Kabupaten Bekasi ditunjukkan untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 …

Puluhan Wartawan dan Warga Gelar Upacara Kemerdekaan di Atas Jembatan Muaragembong

BERITACIKARANG.COM, MUARAGEMBONG – Lintas Wartawan Bekasi (Liwasi) bersama warga Kampung Penombo menggelar kegiatan pengibaran bendera Merah …